PROGRAM TAHUNAN SEMESTER GANJIL |
|
|
|
|
MATA PELAJARAN : PENDIDIKAN AGAMA BUDDHA |
|
|
KELAS / PROGRAM : VII (TUJUH) |
|
|
TAHUN PEMBELAJARAN :2011/2012 |
|
|
|
|
|
|
SEMESTER | STANDAR KOMPETENSI/KOMPETENSI DASAR | ALOKASI WAKTU (JAM ) | KETERANGAN |
1 | 1. Memahami Komponen dan Kriteria Agama Buddha |
|
|
1.1. Menjelaskan Hakekat Tuhan Yang Maha Esa |
|
1.2. Menjelaskan kitab Suci, Tempat ibadah dan lambang-lambang |
|
dalam agama Buddha |
|
1.3. Mengidentifikasikan kriteria Agama Buddha dan Umat Buddha |
|
2. Mengungkapkan Sejarah Pangeran Sidharta pada masa remaja |
|
dan Perumah Tangga |
|
2.1. Menceritakan peristiwa masa remaja dan berumah tangga |
|
Pangeran Sidharta |
|
2.2. Menjelaskan 4 peristiwa yang di lihat Pangeran Sidharta |
|
|
|
2 | 3. Mengkontruksikan sikap umat Buddhauntuk menjadi manusia |
|
|
susila sesuai Pancadharma |
|
3.1. Mendiskripsikan berbagai formulasi Sila |
|
3.2. Menguraikan Pancadharma |
|
3.3. Mendiskripsikan Pancadharma dalam kehidupan sehari-hari |
|
4. Mengembangkan sifat-sifat luhur dalam kehidepan sehari-hari |
|
4.1. Mendiskripsikan sifat cinta kasih (metta) dalam kehidupan |
|
sehari-hari |
|
4.2. Mendiskripsikan sikap belas kasih (karuna) dalam kehidupan |
|
sehari-hari |
|
4.3. Mendiskripsikan sikap simpati (mudita) dalam kehidupan |
|
sehari-hari |
|
4.4. Mendiskripsikan sifat bhatin seimbang (upekkha) dalam |
|
kehidupan sehari-hari |
|
|
|
|
|
Mengetahui |
| MEDAN , JULI 2011 |
|
Kepala Sekolah |
| GURU MATA PELAJARAN |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dra E. Hutajulu S.Pd |
| Sunarto S.Ag M.Pd |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
PROGRAM TAHUNAN SEMESTER GANJIL |
|
|
|
|
MATA PELAJARAN : PENDIDIKAN AGAMA BUDDHA |
|
|
KELAS / PROGRAM : VIII (DELAPAN) |
|
|
TAHUN PEMBELAJARAN :2011/2012 |
|
|
|
|
|
|
SEMESTER | STANDAR KOMPETENSI/KOMPETENSI DASAR | ALOKASI WAKTU (JAM ) | KETERANGAN |
1 | 1. Mengungkapkan Sejarah Pangeran Sidharta pada Masa Bertapa |
|
|
dan menjadi Buddha |
|
1.1. Menceritakan pelepasan Agung |
|
1.2. Meneladani tekad dan semangat Pangeran Sidharta dalam |
|
upaya mewujudkan cita-cita dalam upaya pencapaian |
|
Kebuddhaan |
|
1.3. Mendiskripsikan peristiwa dari pencapaian Kebuddhaan |
|
2. Mengungkapkan sejarah penyiaran Agama Buddha |
|
2.1. Menjelaskan perjalanan dan misi penyiaran Agama Buddha |
|
2.2. Menceritakan riwayat siswa dan pengikut terkemuka Sang |
|
Buddha |
|
2.3Menjelaskan peran Raja-raja pendukung agama Buddha |
|
|
|
|
|
2 | 3. Memahami sejarah penyiaran agama Buddha di Indonesia |
|
|
3.1. Menceritakan sejarah penyiaran agama Buddha zaman |
|
Sriwijaya, Mataram Kuno dan Majapahit |
|
3.2. Menceritakan sejarah penyiaran agama Buddha zaman |
|
Penjajahan dan Kemerdekaan |
|
3.3. Menjelaskan tokoh-tokoh pejuang penyiaran agama Buddha |
|
4. Memahami Dharmayatra dan Tempat-tempat Suci agama Buddha |
|
4.1. Mendiskripsikan Dharmayatra |
|
4.2. Mengidentifikasi tempat-tempat Dhammayatra dan tempat- |
|
tempat suci agama Buddha yang lain |
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui |
| MEDAN , JULI 2011 |
|
Kepala Sekolah |
| GURU MATA PELAJARAN |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dra E. Hutajulu S.Pd |
| Sunarto S.Ag M.Pd |
|
|
|
|
|
| |
|
|
PROGRAM TAHUNAN SEMESTER GANJIL |
|
|
|
|
MATA PELAJARAN : Pendidikan Agama Buddha |
|
|
KELAS / PROGRAM : IX (SEMBILAN) |
|
|
TAHUN PEMBELAJARAN : 2011/2012 |
|
|
|
|
|
|
SEMESTER | STANDAR KOMPETENSI/KOMPETENSI DASAR | ALOKASI WAKTU (JAM ) | KETERANGAN |
1 | 1. Mengkontruksikan Pergaulan yang Baik dan Sikap Umat Buddha |
|
|
dalam Berbagai Lingkungan |
|
1.1. Mengenali teman yang baik dan tidak baik |
|
1.2. Menjelaskan hak dan kewajiban timbal balik dalam keluarga |
|
dan masyarakat |
|
1.3. Mendiskripsikan hak dan kewajiban manusia sebagai warga |
|
negara |
|
1.4. Menjelaskan posisi manusia di alam semesta |
|
2. Mengkontruksikan Mental Umat Buddha agar Memiliki Kepribadian |
|
yang Baik, Penuh Semangat dan Disiplin |
|
2.1. Mengenali diri sender |
|
2.2. Menerapkan semangat berbuat baik dalam kehidupan |
|
2.3. Menerapkan disiplin dalam kehidupan sehari-hari |
|
2.4. Menelaah sikap pendukung Buddha dan mengambil hikmah |
|
sebagai pelajaran dari para penentang Buddha |
|
|
|
2 | 3. Mengembangkan Meditasi Ketenangan |
|
|
3.1. Mendiskripsikan meditasi ketenangan (samatha Bhavana) |
|
3.2. Mengidentifikasi faktor-faktor penghambat dan pendukung |
|
meditasi ketenangan (samatha Bhavana) |
|
3..3. Melatih meditasi ketenangan dalam kehidupan sehari-hari |
|
4. Mengungkapkan peranan agama Buddha untuk meningkatkan |
|
martabat manusia |
|
4.1. Menjelasdkan peranan agama Buddha untuk mengembangkan |
|
hak asasi manusia |
|
4.2. Menjelaskan kesetaraan gender dalam agama Buddha |
|
4.3. Menjelaskan peranan agama Buddha untuk memelihara |
|
perdamaian |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui |
| MEDAN , JULI 2011 |
|
Kepala Sekolah |
| GURU MATA PELAJARAN |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dra E. Hutajulu S.Pd |
| Sunarto S.Ag M.Pd |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|