Skip to main content

Featured

Ijazah S .Pd dan trankrip nilai

Wisuda sarjana pada tgl 27 November 2016 restoran lucky king Medan STAB Bodhi Dharma. Surat penting atau dokumen penting pendidikan sarjana pendidika  S1 adalah suatu dokument penting setelah wisuda dan tanda bukti memperoleh gelar sarjana S.1,  selama kuliah 4 tahun 8 semester hasilnya adalah suatu bukti nyata dan hasil dalam pendidikan, ini merupakan hasil selama kuliah dibangku pendidika  selama 4 tahun 8 semester dan sejarah seumur hidup dalam dunia pendidikan akademis Sarjana bagi mahasiswa adalah bukti nyata secara akademis adalah ijazah sebagai bukti hasil akhir kuliah dalam pendidikan, ijazah adalah suatu hasil akhir yang diperoleh sebagai bukti hasil pendidikan  dan berhak memperoleh gelar sarjana akademis, masa kuliah bagi mahasiswa adalah hasil kelulusan dan memperoleh ijazah asli dari akademis dan bukti nyata berhak memperoleh gelar sarjan secara akademis Ijazah dan trankrip nilai adalah hasil pembelajaran dan kuliah dikampus, hasil ni...

MANAJEMEN DAN TUGAS MANAJER

MANAJEMEN
DAN
TUGAS MANAJER

Siapa yg membutuhkan manajemen ?

Perusahaan ?
Pemerintah ?
Yayasan ?
Universitas ?

Semua kegiatan yang terorganisir !

à ORGANISASI

Apa hubungan organisasi dgn manajemen ?
1.Manajemen dibutuhkan utk mencapai tujuan organisasi
2.Untuk menjaga keseimbangan diantara tujuan yang mungkin berbeda diantara para stakeholder (Pemilik, Karyawan, Konsumen, Kreditur, Suplier, Pemerintah, Asosiasi dsb)
3.Untuk mencapai efisiensi dan efektivitas dlm mencapai tujuan.
What is Management
Seni dlm menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain ( the art of getting things done through the others(Mary Parker Follet)
Is the process directing and facilitating the work of people organized in formal group to achieve a desired end (John D Millet)
Proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian kegiatan anggota organisasi dgn menggunakan sumber daya organisasi untuk mencapai tujuan yg telah ditetapkan (James AF Stoner)
Proses : cara sistematis utk melakukan sesuatu
1.Perencanaan (Planning) : sebelum melakukan sesuatu manajer memikirkan apa tujuan organisasinya, bagaimana mencapainya, bagaimana sumber dayanya, kapan selesainya.
2.Pengorganisasian (Organizing): bagaimana manajer mengelompokkan kegiatan-kegiatan yang ada dlm organisasinya, menempatkan orang-orang dan mengalokasi sumber daya
3.Kepemimpinan /mengarahkan (Leading) : bagaimana manajer mempengaruhi bawahan agar mau bekerja dlm mancapai tujuan organisasi
4.Pengendalian (Controlling) : bagaimana manajer mengawal seluruh aktivitas dlm organisasinya agar tetap berada pada jalur yang benar (on the right track)

.

Management in Organizations
Sumber Daya Organisasi
Human resources
Managerial talent and labor
Financial resources
Capital investments to support
ongoing and long-term operations
Physical Assets
Raw materials; office and
production facilities,
and equipment
Information
Usable data, information linkages
Contoh Sumber Daya Organisasi
Manfaat dasar Management

EFFICIENTLY
Using resources wisely and
in a cost-effective way

Efektif - Efisien

Efektif : membuat keputusan yang tepat dan melaksanakannya dengan berhasil
Efisien : menggunakan berbagai sumber daya secara tepat dengan cara yang hemat biaya
Perusahaan berhasil membuat mobil dengan harga yang murah, tapi disain/bentuknya tidak disukai masyarakat, sehingga tidak laku à efisien tapi tidak efektif
Efektif efisien berarti tepat sasaran dan hemat biaya
Efektivitas
Kemampuan (seorang manajer) utk memilih/menggunakan cara, metode, peralatan yang tepat, guna mencapai tujuan tertentu
Efisiensi
Kemampuan utk menyelesaikan suatu pekerjaan dengan benar
Seorang manajer yang efisien ialah :

Manajer yang mampu mencapai hasil (output) lebih tinggi dibanding masukan (input) yang digunakan

Dengan sumber daya (input) sekecil-kecilnya bisa memperoleh hasil (output) tertentu atau dengan sumber daya (input) tertentu memberikan hasil (output) sebesar-besarnya.

Efektif dan efisien sbg tolok ukur keberhasilan/kinerja manajemen

Seorang manajer yg dapat memproduksi mobil (suatu produk) dgn efisien (biaya murah), akan tetapi mobil tsb tidak laku dijual , dia bukan manajer yang berhasil
Seorang manajer yang produknya laku dipasar, tetapi tidak memberikan profit, sama saja dia bukan manajer yang berhasil
What is a Manager ?
Seseorang yang tanggung jawab utamanya melaksanakan proses manajemen
Seseorang yang merencanakam dan membuat keputusan , mengorganisasikan, memimpin, dan mengendalikan sumber daya manusia, finansial, fisik dan informasi.
Proses Manajemen (Fungsi Dasar Manajemen)
1.Planning and Decision Making
Menetapkan tujuan organisasi dan menentukan bagaimana cara terbaik untuk mencapainya
Pemilihan suatu tindakan dari serangkaian alternatif
2.Organizing
Menentukan bagaimana cara mengelompokkan berbagai aktifitas dan sumber daya
3.Leading
Serangkaian proses yang dilakukan agar anggota organisasi bekerja bersama demi pencapaian tujuan organisasi
4.Controlling
Pemantauan perkembangan organisasi dalam mencapai tujuannya
The Management Process (cont’d)
Jenis Manajer Berdasarkan Tingkatannya
1.Top Managers
Sekelompok kecil eksekutif yang mengelola keseluruhan organisasi, mereka menciptakan tujuan organisasi, strategi pencapaian dan kebijakan operasional (CEO, Pres Dir, Wk)
2.Middle Managers
Kelompok manajer yang paling banyak dlm organisasi, bartanggung jawab untuk mengimplementasikan kebijakan dan rencana yang dikembangkan oleh manajer puncak serta untuk mengevaluasi, supervisi dan mengkoordinasikan pekerjaan manajer bawahannya.
3.First-Line Managers
Mengawasi/supervisi dan mengkordinasikan aktifitas karyawan
Jenis Manajer Berdasarkan Bidang Tugas
1.Marketing Managers

Bekerja pada bidang yang berhubungan dengan fungsi pemasaran (pengembangan produk baru, promosi, distribusi, jaringan klien, konsumen)

2. Financial Managers

Terutama berhubungan dengan pengelolaan sumber daya keuangan (acounting, manajemen kas, investasi)

3. Operations Managers

Berurusan dengan penciptaan dan pengelolaan sistem yang menciptakan produk / jasa perusahaan (pengendalian produksi, pengendalian persediaan, pengendalian kualitas, lay out pabrik dan pemilihan lokasi)

4. Human Resource Managers

Bertanggung jawab untuk menerima dan mengembangkan karyawan ( human resource planning, recruiting and selecting employees, training and development, designing compensation and benefit systems, formulating performance appraisal systems, and discharging low-performing employees.)

5. Administrative Managers

Lebih bersifat umum, akrab dengan semua bidang manajemen dari pada berspesialis pada satu bidang

6. Other Kinds of Managers

Sesuai dengan bidang usaha/tujuan organisasi

( Public relations managers, R & D managers etc).

Jenis Manajer berdasarkan Tingkatan & Bidang tugas
Peran Manajerial (H Mintzberg)
Interpersonal Roles
Figurehead, leader, and liaison roles involve dealing with other people.
Informational Roles
Monitor, disseminator, and spokesperson roles involve the processing of information.
Decisional Roles
Entrepreneur, disturbance handler, resource allocator, and negotiator are managerial roles primarily related to making decisions.
Managerial Skills
1.Technical
Keahlian yang diperlukan untuk menyelesaikan atau memahami jenis kerja tertentu yang dilakasanakan dalam suatu organisasi
2.Interpersonal
Kemampuan untuk memahami, memotivasi dan berkomunikasi dengan individu maupun kelompok
3.Conceptual
Kemampuan untuk memahami dan memandang organisasi sebagai satu kesatuan. Bagaimana semua bagian dlm organisasi bisa berjalan bersama melalui keputusan yang berbasis pada kepentingan keseluruhan organisasi
4.Diagnostic
Keahlian untuk memvisualisasikan jawaban yang paling sesuai untuk situasi tertentu
Managerial Skills (cont’d)

5. Communication

Kemampuan manajer utk mengirimkan ide dan informasi secara efektif kpd orang lain dan menerima ide dan informasi dari orang lain

6. Decision-Making

Kemampuan manajer untuk mengenali dan mendefinisikan masalah dengan benar dan kemudian menentukan satu tindakan yang tepat untuk memecahkan masalah tsb.

7. Time-Management

Keahlian manajer utk memprioritaskan pekerjaan , mengendalikan waktu bekerja secara efisien , mendelegasikan pekerjaan secara tepat
Managerial Skills (R Katz)

.

Pekerjaan Manajerial
How CEOs spend a typical day.
Management : Science or Art?
Science of Management

Banyak masalah manajemen diselesaikan dgn cara rasional, logis, obyektif dan sistematis

Dgn menggunakan metode ilmiah masalah manajemen bisa diselesaikan ( model kuantitatif dan berbagai teknik pengambilan keputusan untuk memecahkan masalah).

Art of Management

Pemecahan masalah dan pengambilan keputusan sering juga diambil atas dasar intuisi, pengalaman, insting dan pandangan pribadi.

Dgn keahlian konseptual, komunikasi, manajemen waktu, seorang manajer dpt memecahkan masalah yang kadang-kadang tidak bisa dipecahkan dgn dasar ilmu pengetahuan.

Menjadi seorang Manajer
Sumber keahlian Management
Lingkup Manajemen dlm Organisasi
For-profit Organizations

Large businesses

Industrial firms, commercial banks, insurance companies, retailers, transportation companies, utilities, communication companies, service organizations

Small businesses and start-up businesses

International management

Not-for-profit Organizations

Governmental organizations : local, state.

Educational organization : public and privat schools, colleges, and universities

Healthcare facilities : public hospitals

Nontraditional settings : community, social, spiritual groups

Popular Posts