•
•
•
•MANAJEMEN
•DAN
•TUGAS MANAJER
•
•
•
•
•
•
•
•
Siapa yg membutuhkan manajemen ?
•Perusahaan ?
•Pemerintah ?
•Yayasan ?
•Universitas ?
• Semua kegiatan yang terorganisir !
à ORGANISASI
•
•Apa hubungan organisasi dgn manajemen ?
1.Manajemen dibutuhkan utk mencapai tujuan organisasi
2.Untuk menjaga keseimbangan diantara tujuan yang mungkin berbeda diantara para stakeholder (Pemilik, Karyawan, Konsumen, Kreditur, Suplier, Pemerintah, Asosiasi dsb)
3.Untuk mencapai efisiensi dan efektivitas dlm mencapai tujuan.
•What is Management
•Seni dlm menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain ( the art of getting things done through the others – (Mary Parker Follet)
•Is the process directing and facilitating the work of people organized in formal group to achieve a desired end (John D Millet)
•Proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian kegiatan anggota organisasi dgn menggunakan sumber daya organisasi untuk mencapai tujuan yg telah ditetapkan (James AF Stoner)
•
•Proses : cara sistematis utk melakukan sesuatu
1.Perencanaan (Planning) : sebelum melakukan sesuatu manajer memikirkan apa tujuan organisasinya, bagaimana mencapainya, bagaimana sumber dayanya, kapan selesainya.
2.Pengorganisasian (Organizing): bagaimana manajer mengelompokkan kegiatan-kegiatan yang ada dlm organisasinya, menempatkan orang-orang dan mengalokasi sumber daya
3.Kepemimpinan /mengarahkan (Leading) : bagaimana manajer mempengaruhi bawahan agar mau bekerja dlm mancapai tujuan organisasi
4.Pengendalian (Controlling) : bagaimana manajer mengawal seluruh aktivitas dlm organisasinya agar tetap berada pada jalur yang benar (on the right track)
•
.
•Management in Organizations
•Sumber Daya Organisasi
•Human resources
–Managerial talent and labor
•Financial resources
–Capital investments to support
ongoing and long-term operations
•Physical Assets
–Raw materials; office and
production facilities,
and equipment
•Information
–Usable data, information linkages
•Contoh Sumber Daya Organisasi
•Manfaat dasar Management
EFFICIENTLY
Using resources wisely and
in a cost-effective way
•Efektif - Efisien
•Efektif : membuat keputusan yang tepat dan melaksanakannya dengan berhasil
•Efisien : menggunakan berbagai sumber daya secara tepat dengan cara yang hemat biaya
•Perusahaan berhasil membuat mobil dengan harga yang murah, tapi disain/bentuknya tidak disukai masyarakat, sehingga tidak laku à efisien tapi tidak efektif
–
•Efektif efisien berarti tepat sasaran dan hemat biaya
•
•Efektivitas
–Kemampuan (seorang manajer) utk memilih/menggunakan cara, metode, peralatan yang tepat, guna mencapai tujuan tertentu
•Efisiensi
–Kemampuan utk menyelesaikan suatu pekerjaan dengan benar
•Seorang manajer yang efisien ialah :
Manajer yang mampu mencapai hasil (output) lebih tinggi dibanding masukan (input) yang digunakan
Dengan sumber daya (input) sekecil-kecilnya bisa memperoleh hasil (output) tertentu atau dengan sumber daya (input) tertentu memberikan hasil (output) sebesar-besarnya.
•
Efektif dan efisien sbg tolok ukur keberhasilan/kinerja manajemen
•Seorang manajer yg dapat memproduksi mobil (suatu produk) dgn efisien (biaya murah), akan tetapi mobil tsb tidak laku dijual , dia bukan manajer yang berhasil
•Seorang manajer yang produknya laku dipasar, tetapi tidak memberikan profit, sama saja dia bukan manajer yang berhasil
•What is a Manager ?
•
•Seseorang yang tanggung jawab utamanya melaksanakan proses manajemen
•Seseorang yang merencanakam dan membuat keputusan , mengorganisasikan, memimpin, dan mengendalikan sumber daya manusia, finansial, fisik dan informasi.
•Proses Manajemen (Fungsi Dasar Manajemen)
1.Planning and Decision Making
–Menetapkan tujuan organisasi dan menentukan bagaimana cara terbaik untuk mencapainya
–Pemilihan suatu tindakan dari serangkaian alternatif
2.Organizing
–Menentukan bagaimana cara mengelompokkan berbagai aktifitas dan sumber daya
3.Leading
–Serangkaian proses yang dilakukan agar anggota organisasi bekerja bersama demi pencapaian tujuan organisasi
4.Controlling
–Pemantauan perkembangan organisasi dalam mencapai tujuannya
•The Management Process (cont’d)
•Jenis Manajer Berdasarkan Tingkatannya
1.Top Managers
–Sekelompok kecil eksekutif yang mengelola keseluruhan organisasi, mereka menciptakan tujuan organisasi, strategi pencapaian dan kebijakan operasional (CEO, Pres Dir, Wk)
2.Middle Managers
–Kelompok manajer yang paling banyak dlm organisasi, bartanggung jawab untuk mengimplementasikan kebijakan dan rencana yang dikembangkan oleh manajer puncak serta untuk mengevaluasi, supervisi dan mengkoordinasikan pekerjaan manajer bawahannya.
3.First-Line Managers
–Mengawasi/supervisi dan mengkordinasikan aktifitas karyawan
•Jenis Manajer Berdasarkan Bidang Tugas
1.Marketing Managers
Bekerja pada bidang yang berhubungan dengan fungsi pemasaran (pengembangan produk baru, promosi, distribusi, jaringan klien, konsumen)
2. Financial Managers
Terutama berhubungan dengan pengelolaan sumber daya keuangan (acounting, manajemen kas, investasi)
3. Operations Managers
Berurusan dengan penciptaan dan pengelolaan sistem yang menciptakan produk / jasa perusahaan (pengendalian produksi, pengendalian persediaan, pengendalian kualitas, lay out pabrik dan pemilihan lokasi)
•
4. Human Resource Managers
Bertanggung jawab untuk menerima dan mengembangkan karyawan ( human resource planning, recruiting and selecting employees, training and development, designing compensation and benefit systems, formulating performance appraisal systems, and discharging low-performing employees.)
5. Administrative Managers
Lebih bersifat umum, akrab dengan semua bidang manajemen dari pada berspesialis pada satu bidang
6. Other Kinds of Managers
Sesuai dengan bidang usaha/tujuan organisasi
( Public relations managers, R & D managers etc).
•Jenis Manajer berdasarkan Tingkatan & Bidang tugas
•Peran Manajerial (H Mintzberg)
•Interpersonal Roles
–Figurehead, leader, and liaison roles involve dealing with other people.
•Informational Roles
–Monitor, disseminator, and spokesperson roles involve the processing of information.
•Decisional Roles
–Entrepreneur, disturbance handler, resource allocator, and negotiator are managerial roles primarily related to making decisions.
•Managerial Skills
1.Technical
–Keahlian yang diperlukan untuk menyelesaikan atau memahami jenis kerja tertentu yang dilakasanakan dalam suatu organisasi
2.Interpersonal
–Kemampuan untuk memahami, memotivasi dan berkomunikasi dengan individu maupun kelompok
3.Conceptual
–Kemampuan untuk memahami dan memandang organisasi sebagai satu kesatuan. Bagaimana semua bagian dlm organisasi bisa berjalan bersama melalui keputusan yang berbasis pada kepentingan keseluruhan organisasi
4.Diagnostic
–Keahlian untuk memvisualisasikan jawaban yang paling sesuai untuk situasi tertentu
•Managerial Skills (cont’d)
5. Communication
–Kemampuan manajer utk mengirimkan ide dan informasi secara efektif kpd orang lain dan menerima ide dan informasi dari orang lain
6. Decision-Making
–Kemampuan manajer untuk mengenali dan mendefinisikan masalah dengan benar dan kemudian menentukan satu tindakan yang tepat untuk memecahkan masalah tsb.
7. Time-Management
–Keahlian manajer utk memprioritaskan pekerjaan , mengendalikan waktu bekerja secara efisien , mendelegasikan pekerjaan secara tepat
•Managerial Skills (R Katz)
.
•Pekerjaan Manajerial
•How CEOs spend a typical day.
•Management : Science or Art?
•Science of Management
Banyak masalah manajemen diselesaikan dgn cara rasional, logis, obyektif dan sistematis
Dgn menggunakan metode ilmiah masalah manajemen bisa diselesaikan ( model kuantitatif dan berbagai teknik pengambilan keputusan untuk memecahkan masalah).
•Art of Management
Pemecahan masalah dan pengambilan keputusan sering juga diambil atas dasar intuisi, pengalaman, insting dan pandangan pribadi.
Dgn keahlian konseptual, komunikasi, manajemen waktu, seorang manajer dpt memecahkan masalah yang kadang-kadang tidak bisa dipecahkan dgn dasar ilmu pengetahuan.
•Menjadi seorang Manajer
•Sumber keahlian Management
•Lingkup Manajemen dlm Organisasi
•For-profit Organizations
Large businesses
Industrial firms, commercial banks, insurance companies, retailers, transportation companies, utilities, communication companies, service organizations
Small businesses and start-up businesses
International management
•Not-for-profit Organizations
Governmental organizations : local, state.
Educational organization : public and privat schools, colleges, and universities
Healthcare facilities : public hospitals
Nontraditional settings : community, social, spiritual groups
•