Search This Blog
Semua lulusan dari SEKOLAH TINGGI AGAMA BUDDHA BODHI DHARMA memiliki kewenangan sebagai Guru Agama Buddha,Dharmaduta. Khusus untuk jurusan Dharma Acarya juga berwenang sebagai bidang Studi Umum sesuai dengan Program Minor yang ditempuh.
Featured
- Get link
- X
- Other Apps
Perencanaan Program Pengajaran
Perencanaan pembelajaran adalah:
proses penerjemahan kurikulum yang berlaku menjadi program-program pembelajaran yang selanjutnya dapat dijadikan pedoman oleh guru dalam penyelenggaraan proses pembelajaran
Robert Yinger (2006) perencannaan masing-masing membentuk sebuah siklus:
perencanaan tahunan, perencanaan term, perencanaan unit dan perencanaan harian
acuan dalam menyusun program-program selanjutnya termasuk semester, mingguan dan harian. Pada program tahunan disusun waktu pembelajaran efektif, hari libur, unit-unit dan buku-buku pelajaran.
4. Perencanaan pembelajaran untuk kegiatan harian disusun secara spesifik sehingga keberhasilan pembelajaran dapat dilihat
Program yang harus dipersiapkan guru sebagai proses penerjemahan kurikulum:
Langkah-langkah yang harus ditempuh dalam menentukan alokasi waktu pembelajaran sebagai berikut:
RINCIAN MINGGU EFEKTIF
Sekolah :
Mata Pelajaran :
Kelas/Program :
Tahun Pel :
RINCIAN MINGGU EFEKTIF
Sekolah :
Mata Pelajaran :
Kelas/Program :
Tahun Pel :
Mengetahui dan menyetujui
Kepala Sekolah……………….. Medan, Juli 2011
………………………………………… ………………………………
Program tahunan adalah:
Rencana penetapan alokasi waktu satu tahun ajaran untuk mencapai tujuan (standar kompetensi danKompetensi dasar yang telah ditetapkan
Mengapa perlu menentukan alokasi waktu?
Penentuan alokasi waktu diperlukan agar seluruh kompetensi dasar yang ada dalam kurikulum seluruhnya dapat dicapai oleh siswa
Langkah-langkah untuk mengembangkan program tahunan:
PROGRAM TAHUNAN
Sekolah :
Mata Pelajaran :
Kelas/Program :
Tahun Pel :
Rencana program semester disusun untuk:
menjawab Minggu keberapa atau kapan pembelajaran untuk mencapai kompetensi dasar itu dilakukan
Program semester sebagai penjabaran program tahunan
Cara Pengisian program diatas adalah:
BSNP merumuskan, silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu kelompok mata pelajaran yang mencakup:
1) Standar Kompetensi
2) Kompetensi Dasar
3) Materi Pembelajaran
4) Kegiatan pembelajaran
5) Indikator pencapaian Kompetensi untuk penilaian
Di lihat dari komponen-komponen yang harus dikembangkan, silabus lebih aplikatif dibandingkan dengan program tahunan dan program semesteran
Format silabus sebagai model dapat dilihat di lampiran 2
1) Menentukan identitas silabus:
2) Rumusan Standar Kompetensi
Standar kompetensi mata pelajaran adalah:
deskripsi pengetahuan, ketrampilan dan sikap yang harus dikuasai setelah siswa mempelajari mata pelajaran tertentu pada jenjang pendidikan tertentu pula
Kompetensi Dasar: pengetahuan, ketrampilan dan sikap, minimal yang harus dicaapai oleh siswa untuk menunjukkan bahwa siswa telah menguasai standar kompetensi yang telah ditetapkan
Kegiatan pembelajaran adalah:
segala aktivitas belajarsiswa baik kegiatan fisik, kegiatan non fisik termasuk kegiatan mental yang dilakukan baik di dalam maupun di luar kelas untuk mencapai standar kompetensi dan kompetensi dasar tertentu
Materi pokok disusun untuk mencapaitujuan tujuan harus dipilih sesuai dengan kompetensi dasar yang harus dicapai:
Pencapaian kompetensi
Merumuskan Indikator
Penilaian:
Suatu proses atau serangkaian kegiatan yakni kegiatan memperoleh, menganalisis dan menafsirkan data ttg proses dan hasi belajar peserta didik yang dilakukan secara sistematis dan berkesinambungan sehingga menjadi informasi yang bermakna dalam pengambilan keputusan
Penilaian dapat dilakukan dengan:
Menentukan alokasi waktu pada setiap KD didasarkan pada:
Jumlah minggu efektif dengan mempertimbangkan jumlah kompetensi dasar, keluasan kedalaman, tingkat kesulitan tingkat kepentingan KD
a. Pengertian RPP.
RPP adalah program perencanaan yang disusun sebagai pedoman pelaksanaan pembelajaran untuk setiap kegiatan Proses Pembelajaran
Tujuan pembelajaran dirumuskan dalam bentuk kompetensi yang harus dicapai atau dikuasai oleh siswa
2) Materi
Materi Pelajaran: bahan pelajaran yang harus dikuasai siswa sesuai dengan tujuan pembelajaran
3) Strategi dan Metode Pembelajaran
4) Media dan Sumber Belajar
5) Evaluasi
Evaluasi diarahkan bukan hanya sekedar mengukur keberhasilan siswa dalam pencapaian hasil belajar, tetapi juga mengumpulkan informasi tentang proses pembelajaran yang dikumpulkan setiap siswa maka perlu tes dan non tes