Skip to main content

Featured

Ijazah S .Pd dan trankrip nilai

Wisuda sarjana pada tgl 27 November 2016 restoran lucky king Medan STAB Bodhi Dharma. Surat penting atau dokumen penting pendidikan sarjana pendidika  S1 adalah suatu dokument penting setelah wisuda dan tanda bukti memperoleh gelar sarjana S.1,  selama kuliah 4 tahun 8 semester hasilnya adalah suatu bukti nyata dan hasil dalam pendidikan, ini merupakan hasil selama kuliah dibangku pendidika  selama 4 tahun 8 semester dan sejarah seumur hidup dalam dunia pendidikan akademis Sarjana bagi mahasiswa adalah bukti nyata secara akademis adalah ijazah sebagai bukti hasil akhir kuliah dalam pendidikan, ijazah adalah suatu hasil akhir yang diperoleh sebagai bukti hasil pendidikan  dan berhak memperoleh gelar sarjana akademis, masa kuliah bagi mahasiswa adalah hasil kelulusan dan memperoleh ijazah asli dari akademis dan bukti nyata berhak memperoleh gelar sarjan secara akademis Ijazah dan trankrip nilai adalah hasil pembelajaran dan kuliah dikampus, hasil nilai adalah suatu bu

Perencanaan Program Pengajaran

Bab 3 Perencanaan Program Pengajaran
1.Hakikat Perencanaan
2.Tahapan pengembangan Program itu sendiri dari mulai menyusun alokasi waktu, program tahunan, program semester pengembangan silabus dan diakhiri dengan pengembangan RPP
A. HAKIKAT PERENCANAAN

Perencanaan pembelajaran adalah:

proses penerjemahan kurikulum yang berlaku menjadi program-program pembelajaran yang selanjutnya dapat dijadikan pedoman oleh guru dalam penyelenggaraan proses pembelajaran

Robert Yinger (2006) perencannaan masing-masing membentuk sebuah siklus:

perencanaan tahunan, perencanaan term, perencanaan unit dan perencanaan harian

1.Program tahunan:

acuan dalam menyusun program-program selanjutnya termasuk semester, mingguan dan harian. Pada program tahunan disusun waktu pembelajaran efektif, hari libur, unit-unit dan buku-buku pelajaran.

2.Grading cycle : set pelajaran beserta aktifitas siswa sebagai tujuan terminal atau tujuan antara
3.Pengembangan perencanaan unit pelajaran yang didasarkan kepada tujuan umum yang harus ditempuh seperti yang dirumuskan dalam progaram tahunan

4. Perencanaan pembelajaran untuk kegiatan harian disusun secara spesifik sehingga keberhasilan pembelajaran dapat dilihat

B. PENGEMBANGAN PROGRAM PERENCANAAN

Program yang harus dipersiapkan guru sebagai proses penerjemahan kurikulum:

1.Program penyusunan alokasi waktu
2.Program tahunan
3.Program semester
4.Silabus
5.Program harian (RPP)
1.MENENTUKAN WAKTU DAN KALENDER AKADEMIS

Langkah-langkah yang harus ditempuh dalam menentukan alokasi waktu pembelajaran sebagai berikut:

a.Tentukan pada bulan apa kegiatan dimulai dan bulan apa berakhir pada semester pertama dan kedua
2.Tentukan jumlah minggu efektif pada setiap bulan setelah diambil minggu ujian dan hari libur
3.Tentukan hari belajar hari belajar efektif dalam setiap minggu

RINCIAN MINGGU EFEKTIF

Sekolah :

Mata Pelajaran :

Kelas/Program :

Tahun Pel :

RINCIAN MINGGU EFEKTIF

Sekolah :

Mata Pelajaran :

Kelas/Program :

Tahun Pel :

Mengetahui dan menyetujui

Kepala Sekolah……………….. Medan, Juli 2011

………………………………………… ………………………………

2. PERENCANAAN PROGRAM TAHUNAN

Program tahunan adalah:

Rencana penetapan alokasi waktu satu tahun ajaran untuk mencapai tujuan (standar kompetensi danKompetensi dasar yang telah ditetapkan

Mengapa perlu menentukan alokasi waktu?

Penentuan alokasi waktu diperlukan agar seluruh kompetensi dasar yang ada dalam kurikulum seluruhnya dapat dicapai oleh siswa

Langkah-langkah untuk mengembangkan program tahunan:

1.Lihat berapa jam alokasi waktu untuk setiap mata pelajaran dalam seminggu seperti yang telah ditetapkan oleh pemerintah
2.Analisis berapa minggu efektif dalam setiap semester seperti yang kita tetapkan dalam gambaran alokasi waktu efektif

PROGRAM TAHUNAN

Sekolah :

Mata Pelajaran :

Kelas/Program :

Tahun Pel :

3. RENCANA PROGRAM SEMESTER

Rencana program semester disusun untuk:

menjawab Minggu keberapa atau kapan pembelajaran untuk mencapai kompetensi dasar itu dilakukan

Program semester terlampir

Program semester sebagai penjabaran program tahunan

Cara Pengisian program diatas adalah:

a.Tentukan SK dan KD Yang ingin dicapai
b.Lihat Program tahunan yang kita susun untuk menentukan alokasi waktu setiap SK dan KD
c.Tentukan pada bulan dan minggu ke berapa proses pembelajaran KD dilaksanakan
4. SILABUS.

BSNP merumuskan, silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu kelompok mata pelajaran yang mencakup:

1) Standar Kompetensi

2) Kompetensi Dasar

3) Materi Pembelajaran

4) Kegiatan pembelajaran

5) Indikator pencapaian Kompetensi untuk penilaian

Di lihat dari komponen-komponen yang harus dikembangkan, silabus lebih aplikatif dibandingkan dengan program tahunan dan program semesteran

Format silabus sebagai model dapat dilihat di lampiran 2

Komponen yang harus di susun dalam sebuah silabus
1)Menentukan identitas Silabus
2)Rumusan Standar kompetensi
3)Menentukan kompetensi dasar
4)Merumuskan kegiatan pembelajaran
5)Mengidentifikasi Materi Pokok

1) Menentukan identitas silabus:

Nama Sekolah :
Mata Pelajaran :
Kelas :
Semester :

2) Rumusan Standar Kompetensi

Standar kompetensi mata pelajaran adalah:

deskripsi pengetahuan, ketrampilan dan sikap yang harus dikuasai setelah siswa mempelajari mata pelajaran tertentu pada jenjang pendidikan tertentu pula

3) Menentukan Kompetensi Dasar

Kompetensi Dasar: pengetahuan, ketrampilan dan sikap, minimal yang harus dicaapai oleh siswa untuk menunjukkan bahwa siswa telah menguasai standar kompetensi yang telah ditetapkan

4)Merumuskan kegiatan pembelajaran

Kegiatan pembelajaran adalah:

segala aktivitas belajarsiswa baik kegiatan fisik, kegiatan non fisik termasuk kegiatan mental yang dilakukan baik di dalam maupun di luar kelas untuk mencapai standar kompetensi dan kompetensi dasar tertentu

5)Mengidentifikasi materi pokok

Materi pokok disusun untuk mencapaitujuan tujuan harus dipilih sesuai dengan kompetensi dasar yang harus dicapai:

1.Potensi peserta didik
2.Relevan dengan karakteristik daerah

3.Tingkat perkembangan fisik, intelektual, emosional sosial dan spiritual peserta didik
4.Kebermanfaatan bagi peserta didik
5.Struktur keilmuan
6.Aktualitas, kedalaman, dankeluasan materi pembelajaran
7.Relevan dengan kebutuhan peserta didik dan tuntutan lingkungan
8.Sesuai dengan alokasi waktu
6). Merumuskan Indikator
Pencapaian kompetensi

Merumuskan Indikator

a.Indikator dirumuskan dalam bentuk perubahan prilaku yang dapat diukur keberhasilannya
b.Prilaku yang dapat diukur berorientasi pada hasil belajar bukan pada proses belajar
c.Sebaiknya setiap indikator hanya mengandung satu bentuk prilaku
7). Menentukan Penilaian

Penilaian:

Suatu proses atau serangkaian kegiatan yakni kegiatan memperoleh, menganalisis dan menafsirkan data ttg proses dan hasi belajar peserta didik yang dilakukan secara sistematis dan berkesinambungan sehingga menjadi informasi yang bermakna dalam pengambilan keputusan

Penilaian dapat dilakukan dengan:

1.Tes: tes lisan, tes tulisan
2.Non tes: wawancara atau observasi
8).Menentukan Alokasi waktu

Menentukan alokasi waktu pada setiap KD didasarkan pada:

Jumlah minggu efektif dengan mempertimbangkan jumlah kompetensi dasar, keluasan kedalaman, tingkat kesulitan tingkat kepentingan KD

9).Menentukan Sumber Belajar
Sumber belajar adalah rujukan bahan yang digunakan untuk kegiatan pembelajaran berupa media cetak dan elektronik, narasumber, lingkungan fisik, alam, sosial dan Budaya
Sumber belajar ditentukan berdasarkan SK dan KD serta materi pokok , kegiatan pembelajaran dan indikator pencapaian kompetensi.
5.RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

a. Pengertian RPP.

RPP adalah program perencanaan yang disusun sebagai pedoman pelaksanaan pembelajaran untuk setiap kegiatan Proses Pembelajaran

b.Komponen komponen RPP
1)Tujuan Pembelajaran
2)Materi Pelajaran
3)Metode
4)Media dan sumber belajar
5)Evaluasi
1)Tujuan Pembelajaran

Tujuan pembelajaran dirumuskan dalam bentuk kompetensi yang harus dicapai atau dikuasai oleh siswa

2) Materi

Materi Pelajaran: bahan pelajaran yang harus dikuasai siswa sesuai dengan tujuan pembelajaran

3) Strategi dan Metode Pembelajaran

Strategi adalah rancangan serangkaian kegiatan untuk mencaapai tujuan tertentu
Metode adalah cara yang digunakan untuk mengimplementasikan strategi
Strategi dan metode pembelajaran harus dirancang sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai

4) Media dan Sumber Belajar

Media: alat bantu untuk mempermudah pencapaian tujuan pembelajaran
Sumber belajar: segal sesuatu yang mengandung pesan yang harus dipelajari sesuai dengan materi pelajaran

5) Evaluasi

Evaluasi diarahkan bukan hanya sekedar mengukur keberhasilan siswa dalam pencapaian hasil belajar, tetapi juga mengumpulkan informasi tentang proses pembelajaran yang dikumpulkan setiap siswa maka perlu tes dan non tes

Popular Posts