Skip to main content

Featured

Ijazah S .Pd dan trankrip nilai

Wisuda sarjana pada tgl 27 November 2016 restoran lucky king Medan STAB Bodhi Dharma. Surat penting atau dokumen penting pendidikan sarjana pendidika  S1 adalah suatu dokument penting setelah wisuda dan tanda bukti memperoleh gelar sarjana S.1,  selama kuliah 4 tahun 8 semester hasilnya adalah suatu bukti nyata dan hasil dalam pendidikan, ini merupakan hasil selama kuliah dibangku pendidika  selama 4 tahun 8 semester dan sejarah seumur hidup dalam dunia pendidikan akademis Sarjana bagi mahasiswa adalah bukti nyata secara akademis adalah ijazah sebagai bukti hasil akhir kuliah dalam pendidikan, ijazah adalah suatu hasil akhir yang diperoleh sebagai bukti hasil pendidikan  dan berhak memperoleh gelar sarjana akademis, masa kuliah bagi mahasiswa adalah hasil kelulusan dan memperoleh ijazah asli dari akademis dan bukti nyata berhak memperoleh gelar sarjan secara akademis Ijazah dan trankrip nilai adalah hasil pembelajaran dan kuliah dikampus, hasil ni...

Tugas dan ujian mit Semester

NAMA : Tjung teck

NIM : 09.10.0002

MAPEL : ILMU ALAMIAH DASAR

JURUSAN : DHAMMACARIYA

TANGGAL : 07 MEI 2011

1. Apakah yang disebut dengan ilmu alamiah dasar ?

Jwb. Ilmu alamiah atau sering disebut ilmu pengetahuan alam (natural science)

merupakan pengetahuan yang mengkaji tentang gejala-gejala dalam alam semesta,

termasuk di muka bumi ini, sehingga terbentuk konsep dan prinsip.

2. Tuliskan tujuan ilmu alamiah dasar ?

Jwb. Tujuan ilmu alamiah dasar adalah:

Memperkenalkan konsep-konsep dasar dalam IPA.

Memberikan wawasan pengetahuan, pengertian dan apresiasi terhadap objek dan cara pemikiran serta cara cara pendekatan IPA dan teknologi.

Memberikan bekal untuk memanfatkan bahan dan cara pemikiran, cara cara pendekatan dan hasil hasil dalam IPA dan teknologi.

Mengembangkan interaksi yang selaras dan displin ilmu eksakta dan non-eksakta.

Mengembangkan apresiasi IPA dan teknologi kepada mahasiswa non-eksakta.

Mendorong dan mengembangkan kemanfaatan Ilmu Alamiah Dasar (Basic Natural Science) pada perkembangan diri, ilmu dan profesi pada mahasiswa non-eksakta.

3. Tuliskan sifat unik manusia!

Jwb. Sifat Unik Manusia adalah :

Manusia mempunyai akal budi yang membedakannya dari makhluk lain

Manusia selalu mempunyai rasa ingin tahu

Manusia mempunyai perasaan dan rasional

4. Tuliskan perbedaan manusia dengan binatang!

Jwb. Perbedaan Manusia dengan binatang :

a. Manusia dapat berpikir (homo sapien)

b. Manusia dapat membuat alat (homo faber)

c. Manusia dapat berbicara (homo longuens)

d. Manusia hidup bermasyarakat (homo socius)

e. Manusia dapat berdagang (homo economicus)

f. Manusia sadar ada kekuatan diluar dirinya (homo religius).

g. Perasaan rendah sifatnya biologis yang dimiliki oleh

h. binatang. Misal rasa lapar, rasa seksual.

i. Perasaan luhur, sifatnya rohani yang hanya dimiliki

j. oleh manusia. Misal cinta kasih, tanggung jawab.

k. Rasional adalah, menerima sesuatu atas dasar

l. kebenaran pikiran atau rasio.

5. Apa perbedaan mitos dengan mitologi ?

Jwb. Mitos : cerita yang dibuat/dongeng tentang dewa, manusia perkasa yang ada kaitannya dengan apa yang terdapat dalam alam untuk menjawab. keterbatasan pengetahuan manusia tentang alam.

Mitologi berarti pengetahuan tentang mitos.

Mitologi banyak muncul dalam zaman prasejarah dan disampaikan dari mulut ke mulut.

6. Tuliskan teori perkembangan jiwa manusia menurut Auguste Comte!

Jwb. Menurut Auguste Comte (1798-1857), perkembangan jiwa manusia, berlangsung dalam tiga tahap :

1. Tahap teologi atau fiktif : manusia berusaha mencari sebab akibat dari segala sesuatu dan selalu menghubungkan dengan kekuatan gaib.

2. Tahap filsafat /metafisik/abstrak : manusia mencari sebab akibat dari segala sesuatu dengan akalnya tanpa bersandar pada kepercayaan akan adanya kekuatan gaib

3. Tahap positif/ilmiah : manusia mencari sebab akibat dari segala sesuatu dengan pikiran positif/riil atas dasar pengetahuan yang telah dicapainya yang dikembangkan melalui pengamatan, percobaan dan perbandingan.

7. Tuliskan lima cara pentahapan progresivitas manusia !

Jwb. Lima pentahapan progresivitas manusia :

1. Antroposentris

2. Geosentris

3. Heliosentris

4. Galaktosentris

5. Asentris.

8. Apakah yang dimaksud dengan ekologi?

Jwb. Ekologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya.

9. Tuliskan komponen – komponen yang membentuk ekologi!

Jwb. Komponen-komponen yang membentuk ekologi adalah sebagai berikut :

1. Lingkungan Abiotik (anorganik), terdiri dari tanah, air, udara, sinar matahari.

2. Lingkungan Biotik (organik), terdiri dari tumbuhan, binatang, dan manusia yang menjadi penghuni lingkungan abiotik, dibedakan atas :

a) Konsumen primer (herbivora) : makhluk hidup pemakan rumput atau daun daunan seperti kambing, sapi, rusa, dll

b) Konsumen sekunder (karnivora) : makhluk pemakan binatang lain seperti harimau, singa, dll

c) Konsumen tersier (omnivora) : makhluk pemakan tumbuhan dan hewan misalnya manusia

d) Pengurai disebut mikrokonsumer : makhlik hidup yang merombak unsur organik seperti bakteri atau pemakan bagian yang sudah mati seperti cacing dan kecoa. Tanpa makhluk yang sering dihina oleh manusia karena menjijikkan, dunia akan menjadi gudang bangkai, sehingga kehidupan tidak mengalami siklus.

10. Tuliskan fungsi komponen ekologi yang dibagi menjadi 2 macam!

Jwb. Ditinjau dari fungsi komponennya, ekosistem dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu :

a) Autotrofik : organisme dapat menyediakan makanan sendiri dengan mengubah bahan organik menjadi bahan anorganik dengan bantuan energi matahari dalam butir-butir hijau daun atau klorofil.

b) Heterotrofik : organisme yang hanya dapat memanfaatkan bahan makanan yang disediakan oleh organisme lain

11. Tuliskan peranan manusia dalam ekosistem!

Jwb. peranan manusia dalam Ekosistem adalah sebagai berikut:

Pengaruh manusia terhadap lingkungannya semakin lama semakin banyak.

Hal ini berakibat kualitas lingkungan semakin menurun karena kerusakan dan pencemaran lingkungan

Manusia merupakan bagian dari ekosistem.

Manusia harus berjuang menaklukkan alam dan isinya agar dapat hidup, namun perilaku manusia juga yang menyebabkan terjadinya perubahan tatanan lingkungan

Karena sadar kelangsungan lingkungan sangat tergantung oleh habitatnya serta dari sikap dan perilaku manusia, maka manusia berusaha mulai menjaga keseimbangan ekologis agar tidak rusak.

12. Sebutkan manfaat dan dampak IPA dan Teknologi terhadap kehidupan!

Jwb. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang demikian pesatnya mempunyai pengaruh langsung pada kehidupan. Pengaruh tersebut sifatnya berbeda-beda Yang jelas perkembangan itu mempengaruhi empat bidang, yaitu :

1. Bidang intelektual, meninggalkan kebiasaan-kebiasaan ataupun kepercayaan-kepercayaan tradisional dan mengambil kebiasaan-kebiasaan baru.

2. Bidang industri dan kemampuan di medan perang

3.Perubahan yang dibawakannya pada organisasi-organisasi sosial, lambat-laun merambat dalam kehidupan politik

4. Perubahan maupun benturan terhadap tata lingkungan.

13. Tuliskan dampak perkembangan Iptek terhadap kehidupan sosial!

Jwb. Bidang Kebutuhan Pokok :

1. Pangan • Gandum (teknologi pembuatan tepung) • Ikan (teknologipengalengan) • Daging (teknologi pendinginan) • Sayuran dan buah (teknologi pemupukan)

2. Sandang § Dulu : kulit kayu, sekarang : serat sintetis

3. Papan § Dulu : sederhana, sekarang : modern

Bidang kesehatan:

1. Berkembangnya ilmu dan peralatan kesehatan, mis : termometer,mikroskop elektron, sinar rontgen, sinar laser, parasitplogi, bakteriologi, dll

2. Berkembangnya teknologi obat-obatan. Timbulnya penyakit tertentu,mis : kanker, darah tinggi, jantung, dsb.

Popular Posts