Vihara Kuan Im

Vihara Kuan Im
Vihara Kuan Im

Senin, 09 Mei 2011

Mata kuliah ilmu Alamiah Dasar

POKOK BAHASAN IAD
Perkembangan Alam Pikiran Manusia
Ilmu Pengetahuan Alam
Alam Semesta
Kehidupan di Bumi
Ekologi
IPA Dan Perkembangan Teknologi
Dampak Perkembangan IPTEK Terhadap Kehidupan Sosial
Teknologi Dan Kelangsungan Hidup
Tujuan IAD
Memperkenalkan konsep-konsep dasar dalam IPA.
Memberikan wawasan pengetahuan, pengertian dan apresiasi terhadap objek dan cara pemikiran serta cara cara pendekatan IPA dan teknologi.
Memberikan bekal untuk memanfatkan bahan dan cara pemikiran, cara cara pendekatan dan hasil hasil dalam IPA dan teknologi.
Mengembangkan interaksi yang selaras dan displin ilmu eksakta dan non-eksakta.
Mengembangkan apresiasi IPA dan teknologi kepada mahasiswa non-eksakta.

ILMU ALAMIAH DASAR

PERKEMBANGAN ALAM PIKIRAN MANUSIA

Sifat Unik Manusia :

Manusia mempunyai akal budi yang membedakannya dari makhluk lain
Manusia selalu mempunyai rasa ingin tahu
Manusia mempunyai perasaan dan rasional

PERKEMBANGAN ALAM PIKIRAN MANUSIA

Perbedaan Manusia dengan binatang :

a.Manusia dapat berpikir (homo sapien)
b.Manusia dapat membuat alat (homo faber)
c.Manusia dapat berbicara (homo longuens)
d.Manusia hidup bermasyarakat (homo socius)
e.Manusia dapat berdagang (homo economicus)
f.Manusia sadar ada kekuatan diluar dirinya (homo religius).

Perasaan rendah sifatnya biologis yang dimiliki oleh

binatang. Misal rasa lapar, rasa seksual.

Perasaan luhur, sifatnya rohani yang hanya dimiliki

oleh manusia. Misal cinta kasih, tanggung jawab.

Rasional adalah, menerima sesuatu atas dasar

kebenaran pikiran atau rasio.

Kemampuan manusia mempergunakan daya

akalnya disebut intelegensi.


PERKEMBANGAN ALAM PIKIRAN MANUSIA

Manusia yang mempunyai rasa ingin tahu terhadap rahasia alam mencoba menjawab dengan menggunakan pengamatan dan pengalaman, tetapi sering upaya itu tidak terjawab secara memuaskan.
Pada manusia kuno untuk memuaskan mereka menjawab sendiri. Misalnya kenapa ada pelangi ? Mereka membuat jawaban, pelangi adalah selendang bidadari.
Atau : Kenapa gunung meletus ? jawabannya karena yang berkuasa marah. Dari hal ini timbulnya pengetahuan tentang bidadari dan sesuatu yang berkuasa.
PERKEMBANGAN ALAM PIKIRAN MANUSIA

Pengetahuan baru itu muncul dari kombinasi antara pengalaman dan kepercayaan yang disebut mitos. Cerita-cerita mitos disebut legenda.
Mitos dapat diterima karena keterbatasan penginderaan, penalaran, dan hasrat ingin tahu yang harus dipenuhi.
Sehubungan dengan dengan kemajuan zaman, maka lahirlah ilmu pengetahuan dan metode ilmiah.

PERKEMBANGAN ALAM PIKIRAN MANUSIA

Mitos : cerita yang dibuat/dongeng tentang dewa, manusia perkasa yang ada kaitannya dengan apa yang terdapat dalam alam untuk menjawab. keterbatasan pengetahuan manusia tentang alam.
Mitologi berarti pengetahuan tentang mitos.
Mitologi banyak muncul dalam zaman prasejarah dan disampaikan dari mulut ke mulut.
PERKEMBANGAN ALAM PIKIRAN MANUSIA

Mitos dibedakan atas tiga macam :

1.Mitos sebenarnya : usaha manusia dengan imajinasinya menerangkan gejala alam yang ada, namun belum tepat karena kurang pengetahuannya sehingga mengaitkannya dengan tokoh atau dewa/dewi. Contoh : tentang pelangi, diceritakan bahwa pelangi adalah tangga para bidadari yang turun dari kahyangan ke bumi untuk mandi

PERKEMBANGAN ALAM PIKIRAN MANUSIA

2.Cerita Rakyat : usaha manusia mengisahkan peristiwa penting yang menyangkut kehidupan masyarakat.
Cerita rakyat disampaikan dari mulut ke mulut dan sulit dibuktikan kebenarannya namun gejalanya dalam masyarakat memang benar ada dan meyakinkan, seorang tokoh dikaitkan dalam cerita tersebut.
Contoh : di Kudus orang tidak makan sate sapi. Menurut cerita ketika Sunan Kudus menyiarkan agama Islam secara damai, dianjurkan penganutnya jangan menyembelih sapi. Tujuannya pada waktu itu agar penduduk di wilayah tersebut yang beragama Hindu tidak merasa tersinggung atau sakit hati.
PERKEMBANGAN ALAM PIKIRAN MANUSIA

3.Legenda : menceritakan seorang tokoh yang dikaitkan dengan suatu daerah, apakah tokoh tersebut pernah ada atau tidak, namun yang bersangkutan dihubungkan dengan dengan apa yang terdapat disuatu lingkungan sebagai “bukti kebenaran” suatu legenda.
Contoh : tokoh Sangkuriang dikaitkan dengan gunung Tangkubanperahu dan Dataran Tinggi Bandung yang dahulunya merupakan danau

PERKEMBANGAN ALAM PIKIRAN MANUSIA
Dalam zaman mitologi suatu cerita penduduk memang masih dalam tingkat mistis peradabannya. Mereka percaya adanya kekuatan gaib yang melebihi kekuatan manusia biasa.
Pada zaman dahulu mitos dipercayai kebenarannya karena beberapa faktor :
1.Keterbatasan pengetahuan manusia (alat indera)
2.Keterbatasan penalaran manusia
Keingintahuan manusia buat sementara terpenuhi

PERKEMBANGAN ALAM PIKIRAN MANUSIA

Menurut Auguste Comte (1798-1857), perkembangan jiwa manusia, berlangsung dalam tiga tahap :
1.Tahap teologi atau fiktif : manusia berusaha mencari sebab akibat dari segala sesuatu dan selalu menghubungkan dengan kekuatan gaib.
2.Tahap filsafat /metafisik/abstrak : manusia mencari sebab akibat dari segala sesuatu dengan akalnya tanpa bersandar pada kepercayaan akan adanya kekuatan gaib
3.Tahap positif/ilmiah : manusia mencari sebab akibat dari segala sesuatu dengan pikiran positif/riil atas dasar pengetahuan yang telah dicapainya yang dikembangkan melalui pengamatan, percobaan dan perbandingan.

PERKEMBANGAN ALAM PIKIRAN MANUSIA
Puncak pemikiran mitos adalah pada zaman Babilonia yaitu kira-kira 700-600 SM. Orang Babilonia berpendapat bahwa alam semesta itu sebagai ruangan setengah bola dengan bumi yang datar sebagai lantainya dan langit dan bintang-bintang sebagai atapnya.
Namun yang menakjubkan mereka telah mengenal bidang ekleptika sebagai bidang edar matahari dan menetapkan perhitungan satu tahun yaitu satu kali matahari beredar ketempat semula, yaitu 365,25 hari. Pengetahuan dan ajaran tentang orang Babilonia setengahnya merupakan dugaan, imajinasi, kepercayaan atau mitos pengetahuan semacam ini disebut Pseudo science (sains palsu)

PERKEMBANGAN ALAM PIKIRAN MANUSIA

Tokoh-tokoh Yunani dan lainnya yang memberikan sumbangan perubahan pemikiran pada waktu itu adalah :

1.Anaximander, langit yang kita lihat adalah setengah saja, langit dan isinya beredar mengelilingi bumi ia juga mengajarkan membuat jam dengan tongkat.
2.Anaximenes, (560-520) mengatakan unsur-unsur pembentukan semua benda adalah air, seperti pendapat Thales. Air merupakan salah satu bentuk benda bila merenggang menjadi api dan bila memadat menjadi tanah.
3.Herakleitos, (560-470) pengkoreksi pendapat Anaximenes, justru apilah yang menyebabkan transmutasi, tanpa ada api benda-benda akan seperti apa adanya.

PERKEMBANGAN ALAM PIKIRAN MANUSIA

4.Pythagoras (500 SM) mengatakan unsur semua benda adalah empat : yaitu tanah, api, udara dan air. Ia juga mengungkapkan dalil Pythagoras C2 = A2 + B2, sehubungan dengan alam semesta ia mengatakan bahwa bumi adalah bulat dan seolah-olah benda lain mengitari bumi termasuk matahari.
5.Demokritos (460-370) bila benda dibagi terus, maka pada suatu saat akan sampai pada bagian terkecil yang disebut Atomos atau atom, istilah atom tetap dipakai sampai saat ini namun ada perubahan konsep.
6.Empedokles (480-430 SM) menyempurnakan pendapat Pythagoras, ia memperkenalkan tentang tenaga penyekat atau daya tarik-menarik dan daya tolak-menolak. Kedua tenaga ini dapat mempersatukan atau memisahkan unsur-unsur.
PERKEMBANGAN ALAM PIKIRAN MANUSIA

7.Aristoteles merupakan ahli pikir, ia membuat intisari dari ajaran orang sebelumnya ia membuang ajaran yang tidak masuk akal dan memasukkan pendapatnya sendiri. Ia mengajarkan unsur dasar alam yang disebut Hule. Zat ini tergantung kondisi sehingga dapat berwujud tanah, air, udara atau api. Terjadi transmutasi disebabkan oleh kondisi, dingin, lembah, panas dan kering. Dalam kondisi lembab hule akan berwujud sebagai api, sedang dalam kondisi kering ia berwujud tanah. Ia juga mengajarkan bahwa tidak ada ruang yang hampa, jika ruang itu tidak terisi suatu benda maka ruang itu diisi oleh ether. Aristoteles juga mengajarkan tentang klasifikasi hewan yang ada dimuka bumi ini.

PERKEMBANGAN ALAM PIKIRAN MANUSIA

8.Plato (427-345) yang mempunyai pemikiran yang berbeda dengan orang sebelumnya, ia mengatakan bahwa keanekaragaman yang tampak ini sebenarnya hanya suatu duplikat saja dari semua yang kekal dan immatrial. Seperti serangga yang beranekaragam itu merupakan duplikat yang tidak sempurna, yang benar adalah idea serangga.

Ptolomeus (127-151) SM, mengatakan bahwa bumi adalah pusat tata surya (geosentris), berbentuk bulat diam seimbang tanpa tiang penyangga.

Mitos, Penalaran dan Cara Memperoleh Pengetahuan

Tahapan pemikiran manusia

Mitos : pengetahuan yang tidak objektiv, melainkan subjektif. Pengetahuan yang mendasarkan pada kepercayaan, bersifat intuitif atau imajinatif
Penalaran : Berpikir rasionalistik memisahkan antara pengetahuan yang benar ( masuk akal ) dan pengetahuan atas dasar keyakinan rasio terbentuk tetapi blm ditemukan metode berfikir objektif
Berpikir Ilmiah, untuk menetapkan kebenaran harus mendasarkan pada pemikiran yang mendalam ( rasional ) dan pengamatan ( empiris )

Cara-cara lama dalam memperoleh pengetahuan

dilakukan manusia dengan masih mengandalkan

perasaan daripada pikiran. Yaitu :

1.Prasangka
2.Intuisi
3.Coba-coba (trial and error).

Pikiran manusia berkembang, ke arah rasional

dan didukung oleh pengalaman (empiris).

Dalam menerima kebenaran manusia

menggunakan logika, yaitu pengetahuan dan

kecakapan untuk berpikir lurus, tepat dan sehat

Lima pentahapan progresivitas manusia :

1.Antroposentris
2.Geosentris
3.Heliosentris
4.Galaktosentris
5.Asentris.
IKHTISAR PERKEMBANGAN WAWASAN MANUSIA
DASAR-DASAR PENGETAHUAN

Pengetahuan dimulai dengan rasa ingin tahu, kepastian

dimulai dengan rasa ragu-ragu

Pengetahuan mampu dikembangkan manusia karena :

1.Bahasa yang bersifat komunikatif
2.Pikiran yang mampu menalar.

A.PENALARAN

Kegiatan berpikir yg mempunyai karakteristik tertentu dalam

menemukan kebenaran.

Ciri-ciri Penalaran :

a.Pola berpikir logika
b.Analitik.

Perasaan merupakan suatu penarikan kesimpulan yang tidak

berdasarkan penalaran.

Pengetahuan yang dipergunakan dalam penalaran pada

dasarnya bersumber pada rasio atau fakta.

Rasionalisme adalah paham yang mengembangkan bahwa

rasio adalah sumber kebenaran.

Empirisme, adalah paham yang menyatakan bahwa fakta

yang tertangkap lewat pengalaman manusia merupakan

sumber kebenaran.

B.LOGIKA

Dua jenis cara penarikan kesimpulan, yakni logika deduktif

dan logika induktif.

Logika deduktif , cara berpikir dimana ditarik kesimpulan yg

bersifat khusus dari pernyataan bersifat umum.

Logika Induktif terkait empirisme (butuh dukungan fakta).




C.SUMBER PENGETAHUAN :

Paham Rasionalisme menggunakan metode deduktif.

Paham Empirisme menggunakan metode induktif

D.METODE ILMIAH

Prosedur dalam mendapatkan pengetahuan yang disebut ilmu.

Ilmu adalah pengetahuan yang didapatkan lewat metode ilmiah.

Pengetahuan disebut ilmu atau ilmiah jika:

1.Objektif (sesuai dgn objek atau didukung fakta empiris)
2.Metodik (cara-cara tertentu yg teratur dan terkontrol)
3.Sistematik (saling berkaitan dan merupakan satu kesatuan)
4.Berlaku umum (dapat diuji coba orang lain dan hasilnya sama).

Dengan metode ilmiah, pendekatan rasional digabungkan

dengan pendekatan empiris.




Teori-teori ilmiah yang menyusun pengetahuan harus

Memenuhi dua syarat utama yaitu:

a.Harus konsisten dengan teori-teori sebelumnya.
b.Harus cocok dengan fakta-fakta empiris.

Kriteria Metode Ilmiah :

a.Berdasarkan fakta
b.Bebas dari prasangka
c.Menggunakan prinsip-prinsip analitis
d.Menggunakan hipotetis
e.Menggunakan ukuran objektif
f.Menggunakan teknik kwantitatif.

Ilmu adalah kumpulan pengetahuan yang

disusun secara konsisten dan kebenarannya telah

teruji secara empiris.

Sarana berpikir Ilmiah :

Adalah merupakan alat bagi metode ilmiah dalam

melakukan fungsinya secara baik berupa :

Bahasa, logika, matematika dan statistika.



Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)

Para pakar membedakan IPA menjadi IPA Klasik dan IPA Modern
Yang dimaksud IPA Klasik adalah perkembangan lmu fisik sebelum abad XX, sedangkan IPA Modern adalah perkembangan ilmu fisika setelah sesudah abad XX
Fisika modern dimulai sejak saat munculnya teori relativitas dari Einstein (1905) diikiuti teori radiasi oleh Max Planck (1910), sinar X oleh Rontgen (1923)
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Ilmu pengetahuan sangat luas.
Ada yang mempelajari mikrokosmos yaitu hal yang sangat kecil ukurannya seperti : sel, atom, proton, elektron, dsb.
Ada yang mempelajari makrokosmos seperti alam semesta, tata surya, planet, dsb.
Alam Semesta

Pengetahuan manusia terhadap alam semesta masih sangat sedikit, bahkan ada rasa pesimis, mustahil manusia dapat mengetahui seluk beluk alam semesta sampai kehidupan di dunia ini lenyap
Alam semesta terdiri dari semua materi termasuk energi dan radiasi, galaksi, tata surya, dsb.

Teori Alam semesta

Teori Ledakan dahsyat ( BIG BANG ) : Gepreges Lamaitre (1930), Alam semesta atau galaksi galaksi berasal dari suatu massa yang meledak dengan dahsyat yang bagian bagianya terlempar ke segala arah
Teori Ekspansi dan konstraksi
Para ilmuwan menduga bahwa sebelum terbentuknya alam semesta telah terjadi suatu siklus antara masa ekspansi dan masa konstraksi. Energi dari reaksi inti hydrogen dapat membangkitkan ekspansi alam sehingga terbentuklah galaksi galaksi dan bintang bintangnya dan unsur unsur lainnya. Pada masa kontraksi galaksi dan bintang bintang itu menciut dan meredup sambil memancarkan energi kalor yang sangat tinggi.

Teori Alam semesta

Teori Creatio Continua Fred Hoyle , Bendi dan Gold. Alam semesta ini selamanya ada dan akan tetap ada, dengan kata lain, alam semesta tidak pernah bermula dan tidak pernah berakhir. Pada setiap saat ada partikel partikel tersebut kemudian mengembun menjadi kabut kabut spiral dengan bintang bintang dan jasad jasad alam semesta. Karena partikel yang dilahirkan lebih besar dari pada yang lenyap, maka jumlah materi makin bertambah dan mengakibatkan pemuaian alam semesta. Pengembangan ini akan mencapai titik batas kritik pada 10 milyar tahun lagi. Tetapi dalam waktu 10 milyar ini akan dihasilkan kabut kabut baru. Menurut teori ini 90% materi alam semesta adalah oksigen. Dari hydrogen ini akan membentuk helium dan zat lainnya.

Tata Surya

Surya artinya adalah matahari
Tata surya berarti suatu organisasi yang teratur pada matahari
Matahari sebagai induk (pusat peredaran) dikelilingi oleh benda langit yaitu planet, satelit, asteroid, komet dan meteor.
Tata Surya (Matahari)

Terbentuk dari awan gas hidrogen dan debu yang memadat menjadi sebuah bola gas raksasa yang sangat pijar.
Diperkirakan kira-kira 5 milyar tahun lampau dan diduga akan bersinar sampai 5 milyar tahun lagi
Suhu permukaan 6000 C, dan suhu pusatnya sekitar 25 juta C.
Jarak ke bumi 93 juta mil (149 juta km)
Garis tengahnya sekitar 1,4 juta km
Berputar pada porosnya (rotasi)
Tata Surya (Planet)

Benda langit yang tidak memiliki sumber cahaya sendiri dan bergerak mengelilingi Matahari dalam orbit eliptik
Planet bergerak mengelilingi matahari dan berotasi berlawanan dengan arah jarum jam
Planet memiliki satelit dalam jumlah yang berbeda ; ada juga yang tidak memiliki
Menurut penelitian jumlah planet dalam tata surya saat ini ada 10

Tata Surya (Planet)
Planet dapat dibagi dalam 2 kelompok yaitu :
Planet Dalam : planet yang dekat dengan matahari, ukuran kecil, mempunyai massa jenis yang besar, yaitu : Merkurius, Venus, Bumi, dan Mars
Planet Luar : planet yang jauh dari matahari, mempunyai ukuran besar, yaitu Yupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus dan Pluto
Di antara jarak planet dalam dan planet luar yaitu antara Mars dan Yupiter terdapat dijumpai adanya planet-planet minor (asteroid)

Tata Surya (Asteroid)

Asteroid (planet minor) yang ditemukan al :
Ceres
Pallas
Yuno
Vesta
Hermes
Eros
Belum dapat dipastikan asal mula terbentuknya asteroid

Tata Surya (Komet)
Istilah komet berasal dari bahasa Yunani, artinya bintang berekor.
Komet sejenis dengan planet
Tidak semua komet mempunyai ekor
Komet tidak memiliki cahaya sendiri
Salah satu komet yang terkenal adalah Komet Halley yang ditemukan Edmun Halley

Tata Surya (Meteor)

Meteor adalah benda langit yang sangat kecil, bergerak mengelilingi matahari seperti planet
Kebanyakan meteor bergerak mengelilingi matahari secara berkelompok
Meteor berada jauh dari bumi, ketika melintas terlalu dekat dengan bumi dan memasuki lapisan atmosfir, meteor tampak bercahaya karena bergesek dengan lapisan udara.


Teori terbentuknya tata surya
Teori Nebular
Teori terjadinya tata surya mulanya di kemukakan oleh Immanuel Kant (1755 ) seorang ahli filsafat bangsa Jerman dan Pierre Simon Laplace ( 1796 ) seorang ahli fisika bangsa Perancis. Keduanya berpendapat bahwa tata surya berasal dari kabut, sehingga disebut teori kabut kant – laplace. Immanuel Kant : tata surya itu berasal dari gumpalan kabut gas panas yang berputar pada porosnya. Kemudian kabut tersebut menjadi padat dan atas dasar prinsip tarik menarik dan tolak menolak dari bagian bagian kabut yang memadat itu dipusatnya membentuk inti menjadi matahari sedangkan bagian bagian lainnya bersatu lalu memisahkan diri dari yang lainnya dan menjadi lah planet. Dengan demikian planet planet itu terbentuk bersamaan dengan matahari. Laplace : tata surya berasal dari nebula / kabut gas pijar bercampur dengan debu yang berputar pada porosnya. Akibat percepatan rotasinya , kabut makin mengecil dan bentuknya menjadi seperti cakram ( pipih ). Karena percepatannya makin besar., maka keadaan kabut menjadi tidak stabil dan terlepas membentuk cincin gas, lalu memadat. Dan berlangsung terus menerus sehingga membuat ketidakstabilan baru sehingga membentuk cincin gas yang baru dan memadat lagi. dst

Teori terbentuknya tata surya
Teori tidal
James H Jeans dan harold jeffres ( 1919 ). Ratusan juta tahun lalu sebuah bintang bergerak mendekati matahari dan kemudian menghilang. Pada waktu itu sebagian matahari terlepas dan tertarik. Dari bagian matahari yang terlepas inilah kemudian terbentuk planet planet
Teori Bintang kembar
Matahari merupakan sepasang bintang kembar. Oleh suatu sebab salah satu bintang meledak, dan oleh gaya tarik grativitasi bintang yang satunya, pecahan tersebut tetap berada di sekitar dan beredar mengelilinginya
Teori GP Kuiper
Pada tahun 1950 GP Kuiper mengajukan teori berdasarkan keadaan yang ditemui di luar angkasa tata surya dan menyuarakan penyempurnaan atas teori teori yagn telah dikemukakan yang mengandaikan matahari serta semua planet planet berasal dari gas purba yang berada di ruang angkasa. Pda saat ini terdapat banyak kabut gas dan diantaranya kabut terlihat dalam proses melahirkan bintang.
KEHIDUPAN DI BUMI

Asal mula kehidupan
§Teori generatio spontania (abiogenesis) : Aristoteles (364-32 SM)
ØMakhluk hidup terjadi secara spontan. Contohnya : ulat berasal dari bangkai
§Francesco Redi – ahli biologi Itali (1626-1697) :
ØOmne vivum ex ovo (kehidupan berasal dari telur). Contohnya : ulat pada bangkai berasal dari lalat.
§Lazarro Spalanzani (1729-1799) :
ØOmne ovo ex vivo (telur berasal dari jasad hidup). Contoh : jasad renik yang mencemari kaldu dapat membusukkan kaldu
§Louis Pasteur (1822-1895) : Teori Biogenesis (melanjutkan percobaan Spalanzani dengan berbagai mikroorganisme)
ØOmne vivum ex vivo (harus ada kehidupan sebelumnya agar timbul kehidupan baru)
ØDengan teori biogenesis ini, maka teori abiogenesis ditinggalkan orang, tetapi asal mula kehidupan masih belum terungkap

KEHIDUPAN DI BUMI

Asal mula kehidupan
§Harold Urey (1893-1981 SM) : ahli kimia Amerika
ØAtmosfer kaya akan gas Metan, Amoniak,Hidrogen, dan Air yang merupakan unsur penting yang terdapat dalam tubuh makhluk hidup.
ØDiperkirakan karena adanya energi dan aliran listrik halilintar dan radiasi sinar kosmos, unsur unsur itu bereaksi membentuk zat hidup.
ØZat hidup yang mula mula terbentuk kira kira seperti virus yang kita kenal sekarang, kemudian berkembang menjadi jenis organisme setelah berjuta juta tahun

KEHIDUPAN DI BUMI

Geografi Kehidupan
ØPembagian wilayah berdasarkan kondisi geografis yang berkaitan dengan kehidupan yang terdapat di dalamnya atau pembagian wilayah di bumi yang dikaitkan dengan kehidupan tumbuhan dan hewan
ØPembagian wilayah berdasarkan letak geografi menimbulkan iklim berbeda beda yang juga sangat mempengaruhi kehidupan dan wujud binatang didalamnya.
ØPada umumnya daerah daerah menurut iklimnya dibedakan atas tiga yaitu daerah tropis, daerah subtropis dan daerah kutub.

KEHIDUPAN DI BUMI
Daerah Tropis
ØTerletak pada 23,5 LU dan 23,5 LS
ØBeriklim panas, matahari bersinar sepanjang tahun
ØCurah hujan tinggi antara 200-225 cm pertahun
ØTerdapat ribuan species tumbuhan yang dapat membentuk suatu hutan tropis
ØPohon pohonnya besar dan tinggi dapat mencapai 20-40 m
ØDalam hutan tropis yang lebat, hidup beranekaragam binatang mulai dari bakteri pembusuk dalam tanah, burung, kera sampai harimau dan binatang besar, maupun binatang buas yang lain

KEHIDUPAN DI BUMI

Daerah Subtropis
ØTerletak pada 23,5-66,5 LU dan 23,5-66,5 LS
ØBeriklim sedang, terdapat empat musim yaitu musim panas, gugur, dingin dan semi
ØCurah hujan antara 75-100 cm pertahun
ØJumlah tumbuhan di kawasan subtropis lebih sedikit
ØYang khas di daerah subtropis adalah adanya salju waktu musim dingin
ØDi daerah tengah benua terdapat padang rumput karena curah hujannya sedikit sehingga sulit bagi pohon untuk hidup dengan baik, tetapi tidak sampai menjadi gurun pasir
Ø


KEHIDUPAN DI BUMI

Daerah Kutub
ØTerletak pada 66,5-90 LU dan 66,5-90 LS
ØPada musim panas matahari bersinar lebih dari 12 jam sehari sehingga malam menjadi lebih singkat.
ØPada musim dingin matahari bersinar kurang dari 12 jam sehingga malam lebih lama.
ØBinatang khasnya adalah rendeer, dan beruang kutub, rubah kutub dan kelinci salju.


KEHIDUPAN DI BUMI

Karena perbedaan wilayah geografis tanaman dan binatang mempunyai penyebaran yang tidak merata.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan ketidakrataan hidup tumbuhan dan binatang dibumi, al : faktor iklim, faktor lingkungan kehidupan, sejarah geografi, dan proses penyebaran.


KEHIDUPAN DI BUMI

Contoh : di lingkungan padang pasir yang iklimnya panas, sedikit turun hujan, hanya memungkinkan tanaman dan binatang yang mampu hidup dalam keadaan seperti itu.
Contoh lain : gajah dengan tubuhnya yang besar memerlukan makanan yang cukup banyak, sehingga lingkungan hutan dengan tanaman yang paling cocok.
Bumi mengalami perubahan, terjadi pergeseran lapisan atas bumi, sehingga benua Australia makin merapat ke Indonesia, sedangkan benua Afrika makin jauh dari benua Amerika.



KEHIDUPAN DI BUMI

Faktor proses penyebaran fauna dan flora terjadi secara aktif dan pasif.
Penyebaran yang aktif dilakukan terutama oleh binatang yang karena berkaki dapat berpindah dari satu tempat ke tempat lain.
Penyebaran secara pasif terjadi terutama pada tumbuhan karena kekuatan seperti angin dan arus laut, mis : tanaman kecil seperti alang alang bunganya diterbangkan oleh angin dan menyebar secara luas. Kelapa terbawa arus laut ke daerah lain.

EKOLOGI
Ekologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya.
Permasalahan lingkungan hidup pada hakekatnyaadalah permasalahan ekologi, mis : kebutuhan tumbuhan akan snar matahari, siklus makanan yang ada di bumi, proses kelahiran, kematian, pergantian generasi yang berlangsung terus menerus mengikuti hukum alam.



EKOLOGI
Komponen-komponen yang membentuk ekologi adalah sebagai berikut :
1.Lingkungan Abiotik (anorganik), terdiri dari tanah, air, udara, sinar matahari.
2.Lingkungan Biotik (organik), terdiri dari tumbuhan, binatang, dan manusia yang menjadi penghuni lingkungan abiotik, dibedakan atas :
a)Konsumen primer (herbivora) : makhluk hidup pemakan rumput atau daun daunan seperti kambing, sapi, rusa, dll
b)Konsumen sekunder (karnivora) : makhluk pemakan binatang lain seperti harimau, singa, dll
c)Konsumen tersier (omnivora) : makhluk pemakan tumbuhan dan hewan misalnya manusia
d)Pengurai disebut mikrokonsumer : makhlik hidup yang merombak unsur organik seperti bakteri atau pemakan bagian yang sudah mati seperti cacing dan kecoa. Tanpa makhluk yang sering dihina oleh manusia karena menjijikkan, dunia akan menjadi gudang bangkai, sehingga kehidupan tidak mengalami siklus.

EKOLOGI
Suatu konsep sentral dalam ekologi adalah ekosistem yaitu suatu sistem yang terbentuk oleh hubungan timbal balik anatara makhluk hidup dengan lingkungannya.
Ekosistem terbentuk oleh komponen hidup dan tidak hidup, di suatu tempat dan berinteraksi dalam satu kesatuan yang teratur.
Ditinjau dari fungsi komponennya, ekosistem dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu :
a)Autotrofik : organisme dapat menyediakan makanan sendiri dengan mengubah bahan organik menjadi bahan anorganik dengan bantuan energi matahari dalam butir-butir hijau daun atau klorofil.
b)Heterotrofik : organisme yang hanya dapat memanfaatkan bahan makanan yang disediakan oleh organisme lain

PERANAN MANUSIA DALAM EKOSISTEM

Pengaruh manusia terhadap lingkungannya semakin lama semakin banyak.
Hal ini berakibat kualitas lingkungan semakin menurun karena kerusakan dan pencemaran lingkungan
Manusia merupakan bagian dari ekosistem.
Manusia harus berjuang menaklukkan alam dan isinya agar dapat hidup, namun perilaku manusia juga yang menyebabkan terjadinya perubahan tatanan lingkungan
Karena sadar kelangsungan lingkungan sangat tergantung oleh habitatnya serta dari sikap dan perilaku manusia, maka manusia berusaha mulai menjaga keseimbangan ekologis agar tidak rusak.


SUMBER DAYA ALAM DAN PELESTARIANNYA

Pelestarian lingkungan hidup pada masa sekarang banyak dipermasalahkan baik oleh lembaga pemerintah maupun swasta.
Meningkatnya jumlah industri biasanya diikuti dengan meningkatnya pencemaran lingkungan hidup.
Untuk itu perlu ditemukan cara informal untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan lingkungan hidup, al :
Cinta lingkungan hidup
Petualangan

IPA DAN PERKEMBANGAN TEKNOLOGI

Sejarah Peradaban Manusia dan Perkembangan Teknologi
Sesungguhnya yang paling membedakan manusia dengan binatang adalah ketidakmampuan manusia untuk secara langsung menyesuaikan diri pada suatu lingkungan yang sudah jadi. Secara biologis manusia adalah salah satu spesies di bumi yang paling kurang mampu atau tidak memiliki daya penyesuaian lingkungan secara alami. Oleh antropolog Arnold Gehlm, manusia dise
but sebagai makhluk yang memiliki cacat atau cela karena manusia tidak mempunyai instink/naluri pelindung hidup.

IPA DAN PERKEMBANGAN TEKNOLOGI

Sejarah Peradaban Manusia dan Perkembangan Teknologi
Menurut Adolf Portman secara biologis, manusia dipandang sebagai prematur. Maksudnya semua spesies atau binatang sejak dilahirkan sekaligus telah membawa serta seperangkat naluri atau atau kemampuan alami buat tetap hidup (survive), sedangkan manusia tanpa pemeliharaan ibu dan keluarganya (sebagai lingkungan) pasti akan mati. Keseluruhan situasi di atas, yaitu kekurangan manusia dalam penyesuaian diri dengan lingkungan, maka lalu diganti oleh kemampuan manusia untuk menciptakan suatu lingkungan tiruan (artificial) yang bentuknya beraneka ragam. Manusia dalam hal ini dibekali teknik untuk membuat lingkungan menjadi cocok dengan dirinya, sehingga makin tinggi tingkat kemampuan abstraksi, makin tinggi pula kebudayaan orang atau bangsa tersebut. Berkat kesadaran dan kemampuan abstraksi inilah, manusia akhirnya menghasilkan konsep tersendiri mengenai apa itu alam.


IPA DAN PERKEMBANGAN TEKNOLOGI

Sejarah Peradaban Manusia dan Perkembangan Teknologi
Konsep yang telah disistematisasi dengan otak dan kerangka pemikiran yang logis dalam wujud ilmu pengetahuan, ialah yang nantinya merupakan benih dari teknologi sebagai satu penerapan ilmu pengetahuan dalam berhadapan dengan alam.
1. Fase-fase Proses Teknik
(a) Fase teknik destruktif, maksudnya untuk memcahkan segala permasalahan dan kebutuhannya, manusia langsung mengambil dari alam dan tidak ada usaha mengembalikannya lagi ke alam. Manusia masih bersifat food gathering dan ini terjadi dalam zaman batu. Orang yang hidup pada zaman batu itu bersikap mengambil apa saja dari alam, belum ada usaha untuk menanam.

IPA DAN PERKEMBANGAN TEKNOLOGI

Sejarah Peradaban Manusia dan Perkembangan Teknologi


(c) Fase teknik efektif, merupakan puncak perkembangan teknik yang telah dicapai oleh manusia saat ini. Teknik modern yang beraneka ragam, sebenarnya bertitik tolak dari analisis matematis alam. Makin meningkatnya kebutuhan dan pemakaiannya dalam kehidupan manusia, sehingga mampu membangun suatu peradaban baru, yaitu peradaban mesin. Ciri-ciri peradaban mesin adalah kesatuan bahasa internasional, sebagai pengantar yang sangat mendorong perkembangannya. Selain itu dengan diciptakannya bahasa simbol yang internasional, satu dan seragam, yaitu bahasa matematika, maka berkembanglah secara pesat teknologi mesin. Semua itu tercapai karena manusia memanfaatkan ilmu pengetahuan. Pada dasarnya, teknologi adalah ilmu terapan, sebaliknya teknologi yang mendorong diciptakannya lalu ditimbulkannya ilmu pengetahuan yang lebih maju lagi. Kesimpulannya, teknik ada karena adanya ilmu pengetahuan.



IPA sebagai Dasar Pengembangan Teknologi
Sepanjang sejarah perkembangannya, kemajuan teknologi ilmu pengetahuan secara umum, dan ilmu pengetahuan alam secara khusus, tidak pernah lepas dari dorongan keingintahuan (curiousity driven) maupun hasrat pemanfaatannya (application motivied). Penelitian yang dilakukan atas dasar keingintahuan lebih bersifat individualistik, mendasar dan tanpa sasaran hasil yang ditentukan sebelumnya. Sebaliknya, kajian yang bersifat penerapan dapat bersifat individualistik mapun berupa upaya kelompok, dan lazim terarah kepada tujuan atau sasaran tertentu. Aplikasi ilmu yang dimaksudkan dapat terjadi antar bidang ilmu dasar berbeda, ataupun untuk tujuan lebih praktis seperti pemanfaatannya demi pengembangan teknologi. Walaupun berbeda corak, perkembangan ilmu dasar dan aplikasinya ternyata telah berlangsung dalam pola saling mendorong dan saling mengisi, tidak jarang diwarnai pula dengan gejala penyuburan silang (cross fertilization). Pada awal perkembangannya, semua proses tersebut berlangsung secara spontan dan alamiah.

IPA sebagai Dasar Pengembangan Teknologi

Sejarah perkembangan ilmu pengetahuan tidak menunjukkan suatu garis lengkung yang rata. Sebaliknya, garis sejarah memperlihatkan empat tahap dengan empat loncatan yang berbeda. Setiap loncatan membuka era baru yang erat pula hubungannya dengan alam pikiran manusia dari masa itu. Dalam sejarah ilmu pengetahuan, empat loncatan itu disebut empat revolusi ilmu fisika
Perkembangannya adalah sebagai berikut :

IPA sebagai Dasar Pengembangan Teknologi

1. Revolusi Pertama
Revolusi pertama membuka era baru bagi penelitian mendalam mengenai gaya gravitasi dan penelitian mengenai dinamika gerakan benda-benda. Hasil-hasil yang dicapai dalam era ini adalah suatu pembuktian bahwa sifat alam dapat dilukiskan dalam arti kata diletakkan dalam suatu deskripsi yang jelas dan pasti. Oleh karena itu, dapat diramalkan secara amat teliti gerak-gerik benda angkasa, peredaran bintang, munculnya komet dan sebagainya. Sebagaimana diketahui, era ini dirintis oleh Isaac Newton. Perkembangan selanjutnya menghadirkan nama-nama seperti Bernoullis dan Laplace. Namun demikian, betapa pun besarnya hasil-hasil yang dicapai oleh para sarjana, era ini mulai kehilangan momentum menjelang abad ke-19]
IPA sebagai Dasar Pengembangan Teknologi

2. Revolusi Kedua
Era ini memusatkan pada sifat-sifat kelistrikan dan kemagnetan benda sebagai keseluruhan. Perkembangan ilmu pengetahuan di era ini dipelopori sarjana-sarjana seperti Faraday, sedangkan deskripsi teoritis mengenai kemagnetan dan kelistrikan dikembangkan oleh Maxwell. Revolusi fisika dari era inilah yang benar-benar menghantarkan manusia ke zaman listrik. Ilmu pengetahuan modern dalam bidang elektronika juga lahir pada era ini. Perkembangan-perkembangan dari era ini banyak sekali mempengaruhi kehidupan manusia modern. Di zaman ini pula dikembangkan pengetahuan tentang radiasi. Yang disebut radiasi adalah satuan-satuan individu yang disebut kuanta. Jika terdapat kuanta dalam jumlah yang cukup besar, maka kuanta tersebut mengatur diri ke dalam pola gelombang. Setiap pola mempunyai panjang gelombang dan radiasi yang dilukiskan dalam panjang gelombang tersebut. Pengetahuan ini memungkinkan telekomunikasi modern sebagaimana dikenal sekarang.
IPA sebagai Dasar Pengembangan Teknologi

3. Revolusi Ketiga
Era yang dibuka untuk revolusi kedua belum lagi mengendor lajunya, tetapi dunia fisika telah mulai merintis pula ke arah pembukaan era baru yang dibawakan oleh revolusi ketiga. Era ini dimulai pada awal abad XX dengan ditemukannya secara menyeluruh pemikiran manusia tentang zat dan jagad raya.
Perlu diingat bahwa pada fase awal, awal fisika sangat banyak bergerak dalam dunia astronomi. Dalam fase-fase berikutnya, manusia lebih banyak mengarahkan perhatian kepada kejadian-kejadian dan eksperimen yang dilakukan di laboratorium. Di era ketiga, kembali manusia mengarahkan pandangan dan perhatian ke dunia astronomi, tetapi melalui pengetahuan dan pengertian yang diperoleh dari eksperimen-eksperimen di laboraorium.
Dapat dipastikan bahwa tidak mungkin astronomi mencapai apa yang dicapai kini, jika ia tetap dalam pemikiran era Newton dari era revolusi pertama. Kecemerlangan era ini dibawakan oleh Einstein yang merumuskan Relativitas. Ruthrford mengenai atom, Bohr mengenai kuantum,serta nama-nama ynag berkaitan dengan teori kuantum baru seperti Schrodinger, Heisenberg dan Dirac.

IPA sebagai Dasar Pengembangan Teknologi

3. Revolusi Ketiga
Era yang dibuka untuk revolusi kedua belum lagi mengendor lajunya, tetapi dunia fisika telah mulai merintis pula ke arah pembukaan era baru yang dibawakan oleh revolusi ketiga. Era ini dimulai pada awal abad XX dengan ditemukannya secara menyeluruh pemikiran manusia tentang zat dan jagad raya.
Perlu diingat bahwa pada fase awal, awal fisika sangat banyak bergerak dalam dunia astronomi. Dalam fase-fase berikutnya, manusia lebih banyak mengarahkan perhatian kepada kejadian-kejadian dan eksperimen yang dilakukan di laboratorium. Di era ketiga, kembali manusia mengarahkan pandangan dan perhatian ke dunia astronomi, tetapi melalui pengetahuan dan pengertian yang diperoleh dari eksperimen-eksperimen di laboraorium.
Dapat dipastikan bahwa tidak mungkin astronomi mencapai apa yang dicapai kini, jika ia tetap dalam pemikiran era Newton dari era revolusi pertama. Kecemerlangan era ini dibawakan oleh Einstein yang merumuskan Relativitas. Ruthrford mengenai atom, Bohr mengenai kuantum,serta nama-nama ynag berkaitan dengan teori kuantum baru seperti Schrodinger, Heisenberg dan Dirac.

IPA sebagai Dasar Pengembangan Teknologi

4. Revolusi Keempat
Revolusi fisika keempat dimulai tahun 1983 dengan ditemukannya suatu tipa materi baru yang disebut partikel Anderson. Dulu diperkirakan atom merupakan benda kecil yang tidak mungkin dipecah-pecah lagi. Kini dengan dipelopori penemuan Anderson dengan pertolongan perlatan-peralatan besar siklotron , aselerator dan sebagainya menjelang akhir dasawarsa 50-an tidak kurang dari 30 partikel baru ditemukan. Hal ini pada dasarnya sangat mengejutkan karena membuat manusia bertanya apa yang mungkin dan apa yang tidak mungkin.

Manfaat dan Dampak IPA dan Teknologi terhadap Kehidupan

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang demikian pesatnya mempunyai pengaruh langsung pada kehidupan. Pengaruh tersebut sifatnya berbeda-beda Yang jelas perkembangan itu mempengaruhi empat bidang, yaitu :

1. Bidang intelektual, meninggalkan kebiasaan-kebiasaan ataupun kepercayaan-kepercayaan tradisional dan mengambil kebiasaan-kebiasaan baru.

2. Bidang industri dan kemampuan di medan perang

3.Perubahan yang dibawakannya pada organisasi-organisasi sosial, lambat-laun merambat dalam kehidupan politik

4. Perubahan maupun benturan terhadap tata lingkungan.


Peran IPTEK di Negara-negara Maju

dikatakan oleh futuris John Naisbit di dalam Megatrends bahwa dunia menghadapi kecenderungan sebagai berikut :
1.Peralihan dari industry society ke information society
2.Peralihan ke teknologi tinggi yang jauh lebih canggih daripada teknologi sebelumnya
3.Peralihan dari perekonomian yang bersifat nasionalistis ke arah perekonomian yang bersifat global
4.Peralihan dari pandangan yang berorientasi pada jangka pendek ke jangka panjang
5.Peralihan dari sistem yang bersifat sentralisasi ke yang bersifat desentralisasi
6.Peralihan dari institusional help ke self help
7.Perubahan dari representatif democracy ke participatory democracy
8.Perubahan dari hubungan kerja yang berpola hierarkis ke arah pola networking
9.Peralihan dari pilihan either/or menjadi multiple option.
Teknologi dan Kehidupan Manusia
Teknologi yang berkembang sangat cepat adalah sebagai berikut.
1.Teknologi informasi yang terdiri dari:
komputer, dapat digunakan sebagai mesin hitung, mesin tulis, pengganti ensiklopedia, perpustakaan, arsip suatu kantor, membuat aneka macam program baik untuk keperluan industri maupun pertambangan sampai urusan rumah tangga.
internet, adalah media komunikasi canggih yang dapat merambah ke seluruh penjuru dunia dengan cepat lewat komputer. Tampilan gambar dan pesan lebih cepat sampai ke tujuan dan dengan biaya yang relatif murah. Internet dapat digunakan untuk semua tujuan.


Teknologi dan Kehidupan Manusia
2.Teknologi komunikasi terdiri dari:
percetakan
telegrafi
telepon
radio yang mempunyai keunggulan berkomunikasi tanpa kawat
cinema
televisi
Dampak Perkembangan IPTEK Terhadap Kehidupan Sosial

Bidang Kebutuhan Pokok :

1. Pangan • Gandum (teknologi pembuatan
tepung) • Ikan (teknologi pengalengan) •
Daging (teknologi pendinginan) • Sayuran
dan buah (teknologi pemupukan)

2. Sandang § Dulu : kulit kayu, sekarang : serat
sintetis

3. Papan § Dulu : sederhana, sekarang : modern


Dampak Perkembangan IPTEK Terhadap Kehidupan Sosial

Bidang kesehatan:
1.Berkembangnya ilmu dan peralatan
kesehatan, mis
: termometer, mikroskop elektron,
sinar rontgen, sinar laser, parasitplogi, bakteriologi, dll
2.Berkembangnya teknologi obat-obatan
3.Timbulnya penyakit tertentu,mis : kanker, darah tinggi, jantung, dsb

Dampak Perkembangan IPTEK Terhadap Kehidupan Sosial

Bidang sumber daya manusia:
1.Terbukanya lapangan kerja baru atau sebaliknya.
2.Meningkatnya kualitas sdm (keterampilan dan kecerdasan)

IPA, TEKNOLOGI & KELANGSUNGAN HIDUP
Akibat keserakahan manusia, maka sumber daya alam (SDA) cepat terkuras. SDA yang diperlukan manusia berupa Tanah, Air, Udara dan Bahan Tambang.
Bumi yang berukuran kecil dibanding dengan matahari tetapi mengandung bahan bahan kimia yang luar biasa.
Hanya sebagian kecil dari bahan bahan ini yang berguna bagi manusia yang begitu banyak di bumi ini.

IPA, TEKNOLOGI & KELANGSUNGAN HIDUP

TANAH
Di atas tanah manusia memperoleh tanaman yang akan dimakan.
Kesuburan tanah semakin berkurang setelah ribuan tahun dimanfaatkan manusia.
Pertumbuhan manusia sangat cepat sehingga memerlukan bahan pangan yang cukup banyak.
Usaha mencukupi kebutuhan pangan dilakukan dengan dua cara yaitu :
1.Intensifikasi : menggunakan bibit unggul,pemupukan, pemberantasan hama tanaman, dll.
2.Ekstensifikasi : transmigrasi (memperluas area penanaman)

IPA, TEKNOLOGI & KELANGSUNGAN HIDUP
AIR
Air bersih dalam pengertian ekologi adalah air yang memungkinkan makhluk hidup bertempat tinggal.
Air yang tercemar dapat mengancam kehidupan manusia.
Secara alamiah, manusia dapat memperoleh air dari mata air, sungai dan danau yang merupakan air permukaan umum (APU).
Dengan kecerdasannya manusia membuat sumur untuk memperoleh air bawah tanah (ABT)
Pengambilan air bawah tanah yang merupakan kekayaan alam sudah dikenakan pajak.

IPA, TEKNOLOGI & KELANGSUNGAN HIDUP
AIR
Perebutan air bersih di kota-kota besar makin terasa.
Manusia kota makin banyak memerlukan air untuk kebutuhan hidup seperti, pel lantai, siram tanaman, cuci mobil, dll.
Untuk mengatasi kekurangan air ini, pemerintah mendirikan perusahaan air minum
IPA, TEKNOLOGI & KELANGSUNGAN HIDUP
UDARA
Udara merupakan kebutuhan lain untuk makhluk hidup, terdiri dari oksigen, karbon dioksida dan air.
Komponen tersebut merupakan bahan baku bagi penyusun tubuh makhluk hidup.
Kekotoran udara di kota terutama disebabkan karena terlalu padatnya manusia yang tinggal, sisa bahan bakar kendaraan bermotor dan industri



IPA, TEKNOLOGI & KELANGSUNGAN HIDUP
BAHAN TAMBANG
Kebutuhan manusia yang kian banyak tidak tercukupi oleh SDA di permukaan tanah, lalu dicarilah yang di bawah tanah ataupun di laut demi kesejahteraan hidupnya.
Bahan tambang yang terdapat di bawah permukaan tanah al: minyak bumi, energi panas bumi, logam dan mineral.

IPA, TEKNOLOGI & KELANGSUNGAN HIDUP

PERKEMBANGAN TEKNOLOGI DALAM MEMENUHI KEBUTUHAN POKOK MANUSIA

Kebutuhan Pangan

a. Dari pertanian : varietas unggul hibrida

b. Dari peternakan : produksi telur kawin suntik

c. Dari teknologi kimia:

- pupuk

- pestisida

- obat pemacu tumbuh

- obat pengawet makanan

d. Peran teknologi mesin:

- mesin traktor

- mesin penetas

- mesin pengalengan, dan lain-lain

e. Peran teknologi dirgantara:

- penyemprotan hama lewat pesawat

- hujan buatan

f. Peran Bioteknologi : biogas, rekayasa genetika

g. Teknologi pengolahan bahan pangan

- Kebutuhan Sandang

a. Serat alam

b. Serat sintetis

c. Gabungan serat alam dan sintesis

- Kebutuhan Papan

papan meliputi : - Lingkungan

- Bangunan

penggunaan bahan modern : kawat, baja, fiberboard, playwood, plastik, bahan penguat.


Kebutuhan Peningkatan Kesehatan

a. Obat-obatan baru

b. Peralatan baru

- E. C. G. : untuk memeriksa jantung

- E. E. G. : untuk memeriksa otak

- U. S. G. : untuk memeriksa janin

- Laser : untuk memecah batu ginjal

c. Obat tradisional yang diolah dengan alat modern.

- Kebutuhan Energi

a. Energi matahari

b. Energi kimia : LNG, LPG

c. Energi listrik : PLTA, PLTU, PLTG, solar sel/sel matahari, biogas



GENETIKA


Sifat /hereditas diturunkan kpd anaknya.

-Percobaan Mendel

- Penelitian yang menghasilkan bahwa khromosom setiap makhluk hidup memiliki jumlah yang khas:

* manusia : 46 khromosom

* tikus putih : 42 khromosom

* kacang polong : 14 khromosom

- Penelitian berikutnya :

Khromosom tersusun dari untaian DNA (asam deoksiribo nukleat). Susunan DNA dapat berubah è sifat berubah

è pasangannya.

Contoh : pembuat bibit unggul



PERLUASAN RUANG HIDUP


Bumi tidak bertambah luasnya.

- Pertambahan penduduk makin cepat

lihat tabel berikut:


pertambahan penduduk 1 milyar dicapai mulai 100 tahun è 60 tahun è 15 tahun è 12 tahun.

- Tugas ilmu pengetahuan dan teknologi untuk memecahkan masalah tersebut.

Yang sudah diusahakan :

-Pembuatan rumah tingkat ke atas/ke bawah
Penyelidikan planet lain

PENGERTIAN DAN MACAM SUMBER DAYA


Sumber Daya Alam :

Segala sesuatu yang diperlukan oleh organisme hidup, populasi atau ekosistem yang pengadaannya hingga ke tingkat yang optimum.

* Yang termasuk sumber daya alam

Segala keperluan hidup organisme seperti : materi, energi,

ruang, waktu dan keanekaragaman.

- Materi

- Energi

- Ruang

- Waktu

- Keanekaragaman

* Ditinjau dari bentuk dancara memperolehnya, sumber daya alam terdiri dari:

1) Sumber daya alam konvensional

2) Sumber daya alam non konvensional

- dengan teknologi konvensional

- dengan teknologi canggih

* Berdasarkan terbentuk bahan, sumber daya alam :

- Dapat diperbaharui

- Tidak dapat diperbaharui


PERKEMBANGAN IPA & TEKNOLOGI, HUBUNGANNYA DENGAN KESEHATAN LINGKUNGAN


Dampak perkembangan IPA dan Teknologi perlu diperhatikan:

- Kesehatan lingkungan, meliputi ruang lingkup:

a. Lingkup keluarga (rumah tangga)

1) Penyediaan air bersih

2) Mendirikan rumah sehat

3) Membasmi penyebaran-penyebaran penyakit

4) Pengawasan terhadap pencemaran air, udara dan tanah.

b. Lingkup masyarakat

1) Masalah air: pengolahanair minum

2) Masalah sampah: penanganannya:

Insenerator:

pembakaran secara besar-besaran è panas dimanfaatkan

Sanitary Land-fill:

sampah ditutup tanah berlapis è penimbunan dataran

rendah/rawa-rawa

Composing:

pengolahan pupuk organik

- dipisahkan bahan yang sudah busuk

- dimasukkan dalamlubang tanah è pembusukan

- sampah untuk biogas ditambah kotoran hewan

- sampah yang dihancurkan dapat untuk campuran buatan batu-bata è briket

- sebagai media untuk pembuatan PST (Protein Sel Tunggal) è teknologi tinggi

- ekstrak sampah untuk media mikroba penghasil vitamin B12


PERKEMBANGAN IPA & TEKNOLOGI, DI BIDANG BIOTEKNOLOGI


Teknologi digunakan :

1. Bidang Kedokteran:

diketemukannya berbagai obat penyakit menular, kanker, hepatitis, AIDS, dan lain-lain.

2. Bidang Pertanian: rekayasa genetika

3. Bidang Industri :

- Bakteri membantu pengeluaran minyak dari tanah.

- Dicoba bakteri membantu pengeluaran logam.

- Bakteri untuk mengantisipasi pencemaran minyak.

4. Bidang Penyediaan Energi

- Pati/gula alkohol

- Limbah pabrik gula bakteri metana

- Limbah pabrik gula bakteri hidrogen

……… Perkembangan IPA & Teknologi, Di Bidang Bioteknologi



. Bidang Makanan:

- Hormon pertumbuhan utk peningkatan produksi sapi

- Enzim protease è pembuatan bir (bakteri Serratia Marcesens)

- Miroma pembuatan keju dari susu

- Interferon (anti virus alamiah) è obat demam ternak, shg daging produknya meningkat

- Kue mikroba (rasa keju) è dari lendir ekstra ganggang Spirulina Maxima dan lain-lain.














































Tidak ada komentar:

Poskan Komentar