Skip to main content

Featured

Ijazah S .Pd dan trankrip nilai

Wisuda sarjana pada tgl 27 November 2016 restoran lucky king Medan STAB Bodhi Dharma. Surat penting atau dokumen penting pendidikan sarjana pendidika  S1 adalah suatu dokument penting setelah wisuda dan tanda bukti memperoleh gelar sarjana S.1,  selama kuliah 4 tahun 8 semester hasilnya adalah suatu bukti nyata dan hasil dalam pendidikan, ini merupakan hasil selama kuliah dibangku pendidika  selama 4 tahun 8 semester dan sejarah seumur hidup dalam dunia pendidikan akademis Sarjana bagi mahasiswa adalah bukti nyata secara akademis adalah ijazah sebagai bukti hasil akhir kuliah dalam pendidikan, ijazah adalah suatu hasil akhir yang diperoleh sebagai bukti hasil pendidikan  dan berhak memperoleh gelar sarjana akademis, masa kuliah bagi mahasiswa adalah hasil kelulusan dan memperoleh ijazah asli dari akademis dan bukti nyata berhak memperoleh gelar sarjan secara akademis Ijazah dan trankrip nilai adalah hasil pembelajaran dan kuliah dikampus, hasil nilai adalah suatu bu

Vipassana


Vipasana
Arti: Pandangan terang
Objek: Nama dan Rupa
Praktik : Satipatana
Penghalang: 10 Vipassanupakilesa, dan 4 Vipallasa
Hasil : 16 Pengetahuan
VIPASSANA
Meditasi Buddhis yg paling tua.
Sumber: Satipatthana Sutta.
Vipassana adalah pengolahan sati atau kesadaran secara bertahap dan terus menerus dalam waktu yg tdk ditentukan.
Vipassana merupakan serangkaian pelatihan yg bertujuan agar kita makin dapat menerima pengalaman kehidupan sendiri.
Apa yg dilakukan dlm vipassana? Belajar memperhatikan
Vipassana akan menuntun meditator untuk mengamati hal2 secara objektif, persis sebagaimana adanya bahwa semuamengalir dan berubah dari saat ke saat.
Istilah Bhavana yg berasal dari kataBhuyg artinya tumbuh atau menjadi. Bhavana berarti mengolah, mengembangkan, yg selalu dihubungkan dg pikiran. Jadi Bhavana sering diartikan dg pengembangan/pengolahan mental.
Vipassana berasal dr katapassana danvi”
Passana berarti melihat atau memahami
Vi merupakan awalan yg mempunyai pengertian rumit. Arti dasarnya adalahdengan cara khusus,’ tetapi juga ada pengertianke dalamdan sekaligus menembus.
Arti keseluruhan dari kata Vi, adalah melihat ke dalam sesuatu secara jernih dan tepat, melihat setiap komponennya sbg sesuatu yg berbeda dan terpisah, serta sepenuhnya menembus shg memahami realitas terdalam dari hal itu.
Bila semua artinya disatukan, maka Vipassana Bhavana berarti pengolahan pikiran yg bertujuan untuk melihat dg cara khusus shg sampai pada pandangan terang dan pemahaman penuh
Ketika kita sakit dan menolaknya kita akan semakin sakit, anehnya ketika kitamenceburbersama sakit, kita justru tdk sakit. Demikian juga ketika kita mengejar kenyamanan
PERSIAPAN YG HARUS DIKETAHUI OLEH CALON PRAKTISI
Mematuhi 3 syarat: diam di pondok di bwh asuhan guru; menjaga ketajaman enam indria; menjaga pikiran tetap mengarah pd 4 macam perenungan
Melaksanakan 5 kewajiban: Memiliki tekad yg kuat; mengurangi makan, tidur, bicara, & kegiatan fisik lainnya; mengendalikan enam indira; melakukan segalanya perlahan2; melakukan semua gerakan dengan 3 faktor bermanfaat (tenaga, kewaspadan, dan perhatian).
Menghindari kesibukan dg berbagai kegiatan, spt membaca, menulis, dll; Banyak tidur; Banyak bicara; Senang kumpul2; Tdk mengendalikan enam indira dg baik; Tdk bisa mengurangi makan; Gagal menyadari kegiatan pikiran.
Melakukan keg penuh perhatian
Mengatur keyakinan dan akal dg tenaga dan kosentrasi menjadi selaras dan seimbang (lihat Abhidhammatthasangaha hlm 535)
Teknik Vipasana
Memperhatikan dengan cermat tentang gerak-gerik: Jasmani (Kaya nupassana), perasaan (Vedana-nupassana), pikiran/kesadaran (Citta-nupassana), dan bentuk-bentuk pikiran (Dhamma-nupassana)
Vipassana Bhavana
Intinya:
sekian
Terima kasih
Semoga semua maklhuk berbahagia

Popular Posts