Skip to main content

Featured

Ijazah S .Pd dan trankrip nilai

Wisuda sarjana pada tgl 27 November 2016 restoran lucky king Medan STAB Bodhi Dharma. Surat penting atau dokumen penting pendidikan sarjana pendidika  S1 adalah suatu dokument penting setelah wisuda dan tanda bukti memperoleh gelar sarjana S.1,  selama kuliah 4 tahun 8 semester hasilnya adalah suatu bukti nyata dan hasil dalam pendidikan, ini merupakan hasil selama kuliah dibangku pendidika  selama 4 tahun 8 semester dan sejarah seumur hidup dalam dunia pendidikan akademis Sarjana bagi mahasiswa adalah bukti nyata secara akademis adalah ijazah sebagai bukti hasil akhir kuliah dalam pendidikan, ijazah adalah suatu hasil akhir yang diperoleh sebagai bukti hasil pendidikan  dan berhak memperoleh gelar sarjana akademis, masa kuliah bagi mahasiswa adalah hasil kelulusan dan memperoleh ijazah asli dari akademis dan bukti nyata berhak memperoleh gelar sarjan secara akademis Ijazah dan trankrip nilai adalah hasil pembelajaran dan kuliah dikampus, hasil nilai adalah suatu bu

PSIKOLOGI UMUM I


PSIKOLOGI UMUM I

Dosen : ANDY CHANDRA, M.PSI

Psikologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang tingkah laku manusia mulai dari sejak lahir sampai masa tua.
Psikologi berasal dari kata Psyche dan logos.
Psyche artinya soul, mind, spirit, atau jiwa
Logos artinya ilmu.

Psikologi juga disebut sebagai karakterologi.
Karakterologi adalah ilmu tentang karakter atau kepribadian seseorang.
Tipologi adalah ilmu ilmu yang mempelajari tentang tipe-tipe manusia.

Aristoteles (seorang ahli filsafat yunani kuno) membagi jiwa makhluk hidup menjadi 3 tingkatan :
- Anima Vegetativa
- Anima Sensitiva
- Anima Intelektiva

Anima Vegetativa adalah taraf hidup terendah yang terdapat pada tumbuhan. Hanya mampu melakukan reaksi terhdp rangsngan yang datang dari luar dan tujuannya semata hanya untuk mempertahankan hidup dan tumbuh.
Pada tahap ini belum terdpt kesdaran. Contoh : tanaman putri malu.

Anima Sensitiva adalah taraf hidup yang terdapat pada hewan. Makhluk ybs sudah memiliki alat indera. Reaksi makhluk sdh bervariasi sesuai dengan bekerjanya alat indera. Tgkt ini ditandai dgn adanya kemampuan seleksi, mana yg perlu didekati dan mana yg perlu dijauhi. Tahap ini belum mengenal norma atau tata tertib.

Anima Intelektiva adalah taraf hidup yang tertinggi, terdapat pada manusia.pada taraf ini terdapat kehidupan yang lebih dari sekedar kehidupan sadar belaka, misalnya potensi kecerdasan. Terdpt kemampuan u/ menyimpan ransang yg kmdn timbul sbg jejak2 dalam kesadaran yang disebut “Fungsi Mneme” maka man dpt bereaksi thdp hal2 yg sdh lewat.

Wilhelm Wundt (1879) disebut sbg bpk Psikologi.
Hipocrates disebut sebagai bpk Ilmu kedokteran.
John Locke mengemukakan teori tabularasa, yg artinya pada umumnya semua man dilahirkan putih. Yg buat orang beda adalah power yg ada pa dirinya.
Tipe Kepribadian
Sanguine = orang yang kelebihan darah merah, tempramen penggembira
Melankolik = terlalu banyak sum2 hitam dalam tubuhnya, tempramen pemurung
Kholerik = terlalu banyak sum2 kuning, tempramen semangat dan gesit
Plegmatik = terlalu banyak lendir dalam tubuh, tempramen lambat
Warna
Pengaruh warna pada kepribadian :
Senin = putih, krem
Selasa = merah, ungu
Rabu = biru
Kamis = abu-abu
Jumat = hijau
Sabtu = coklat, kuning
Lambang Psikologi
Garputala :
Cognitif = ide, pikiran
Afektif = rasa, emosi
KOnatif = pelaksana/psikomotor/ ketrampilan yg dimiliki.
Bidang Psikologi
Psi Experimen = membahas ttg perkembangan pengukuran & pengontrolan yang tepat. Pada psikologi ini sering dilakukan Eksperimen u/ mengetahui pengaruh sebuah variabel atau beberapa variabel terhadap aspek perilaku seseorang.

Psi. perkembangan = menekankan perkembangan dan berbagai faktor yang membentuk perilaku sejak lahir sampai berusia lanjut.
Psi. sosial = membahas ttg cara manusia berinteraksi dengan orang lain, yang mempengaruhi sikap dan perilaku serta perilaku kelompok.

Psi kepribadian = berfokus pada perbedaan antara individu dan kualitas individu yang unik.
Psi Klinis = membahas masalah diagnosis dan perawatan masalah emosi & perilaku penyakit jiwa, kenakalan remaja, tindakan kriminal, kecanduan obat, keterbelakangan mental, konflik perkawinan & keluarga, serta masalah penyesuaian lainnya.

Psi pendidikan = merupakan ahli dalam bidang proses belajar mengajar, seperti menangani kesulitan anak pada tahun pertama sekolah, menafsirkan hasil tes IQ, tes hasil belajar, dan tes kepribadian siswa.


Psi. Industri & organisasi (PIO) = membahas maslah di perusahaan seperti pemilihan orang yang tepat u/ memegang pekerjaan ttt, menyusun program latihan, membantu pimpinan dalam mengambil keputusan yg menyangkut semangat kerja dan kesejahteraan karyawan, mempelajari hubungan antara manusia dengan mesin, sehingga memperkecil kekeliruan, merancang tempat tinggal/kerja yg efisien.
Metode Psikologi
Metode Eksperimental
Metode observasi
Metode survey
Metode test
Metode riwayat khusus
Metode interview.

Popular Posts